Netflix Hadirkan Fitur Play Something untuk Pengguna Android

Oleh Agustinus Mario Damar pada 31 Mei 2021, 07:30 WIB
Diperbarui 31 Mei 2021, 07:30 WIB
Ilustrasi Netflix
Perbesar
Ilustrasi Netflix. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Netflix diketahui telah memperluas cakupan fitur Putar Sesuatu atau Play Something. Setelah sebelumnya hadir di TV, kini pengguna Netflix di perangkat mobile juga dapat memanfaatkannya.

Dikutip dari Engadget, Senin (31/5/2021), fitur ini sudah mulai diuji coba untuk pelanggan Netflix di Android secara global. Pengguna yang terpilih nantinya akan melihat tombol Play Something di aplikasi.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pelanggan Netflix menikmati konten secara acak tanpa perlu melakukan pencarian. Namun untuk sekarang, belum diketahui kapan fitur ini akan menyambangi pengguna iOS. 

Menurut Director Product Innovation Netflix, Cameron Johnson, begitu tombol ini diklik, Netflix akan memutarkan film atau serial TV secara acak yang sudah disesuaikan dengan preferensi pelanggan.

"Ada saat-saat di mana kita ingin mengakses Netflix dan langsung dapat menikmati cerita baru. Karena itulah kami menghadirkan fitur Putar Sesuatu," tuturnya.

Menurut Cameron, fitur anyar Netflix ini sesuai bagi pelanggan yang ingin mengubah rutinitasnya atau sekadar menghibur diri dengan cara yang mudah, terutama di masa pandemi sekarang ini.

Tidak hanya itu, fitur ini juga dapat membantu orang tua yang ingin menghadirkan tontonan ramah keluarga bagi anak-anak mereka sebagai hiburan berkualitas di rumah secara praktis.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Netflix Uji Coba Platform Bernama N-Plus, Apa Itu?

Ilustrasi Netflix
Perbesar
Ilustrasi Netflix. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Netflix disebut-sebut sedang mengembangkan sebuah platform yang akan meng-highlight kemampuan layanan sebagai penyedia konten original terbaik.

Dalam sebuah survei Netflix yang diungkap oleh Protocol, perusahaan sedang membuat platform baru yang diberi nama N-Plus. Apa itu?

"N-Plus adalah ruang online masa depan tempat pengguna dapat mempelajari lebih lanjut tentang acara Netflix yang disukai dan apa pun yang terkait dengannya," kata Netflix seperti dikutip dari Engadget, Senin (10/5/2021).

Dokumen survei itu juga menunjukkan, platform N-Plus akan menyertakan berbagai macam konten, seperti podcast, how-to, dan playlist yang dibuat pengguna.

Dari ketiga konten tersebut, Netflix memberikan petunjuk paling jelas tentang cara kerja dan fungsi playlist.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Fitur Playlist di Netflix

Disebutkan, pengguna dapat mengumpulkan daftar acara TV dan film favorit pengguna yang dapat dibagikan secara online.

Berdasarkan penjelasan, perusahaan ingin memposisikan fitur tersebut agar dapat menarik pelanggan baru ke layanan miliknya tersebut.

"Jika pemirsa bukan anggota, mereka hanya dapat melihat cuplikan dari pertunjukan itu sendiri," tulis perusahaan di dalam dokumen itu. Fitur playlist juga dapat menyertakan dukungan untuk musik.

Lebih lanjut, survei itu juga menyiratkan pengguna N-Plus akan memiliki peran penting untuk menentukan masa depan produksi serial original di Netflix.

Pengguna dapat mempelajari semua hal tentang pra-produksi serial atau film Netflix, dan juga mempengaruhi proses produksi dengan feedback sebelum film rampung.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓