XL Axiata Perpanjang Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit hingga 23 Juli 2021

Oleh Agustinus Mario Damar pada 31 Mei 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 31 Mei 2021, 09:30 WIB
Sentra vaksinasi Indonesia Bangkit
Perbesar
Menkominfo Johnny G Plate bersama Dirut XL Axiata meninjau Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit yang diinisiasi XL Axiata dan RSUI (Foto: XL Axiata)

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata memastikan telah memperpanjang program Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit yang ada di Depok. Lewat perpanjangan ini, layanan vaksinasi drive thru dan walk-in yang bekerja sama RS Universitas Indonesia akan melayani masyarakat hingga 23 Juli 2021.

Adapun sentra vaksinasi ini ditujukan untuk semua warga lansia dengan KTP Nasional. Menurut Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini, sentra vaksinasi ini hadir untuk membantu pemerintah mempercepat vaksinasi pada kalangan prioritas lansia.

"Kami bertekad terus membantu pemerintah dalam mempercepat vaksinasi kepada kalangan prioritas warga berusia 60 tahun ke atas di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya," tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (31/5/2021).

Oleh sebab itu, Dian menuturkan, saat ini Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit inisiasi XL Axiata dan RSUI tidak hanya ditujukan untuk lansia warga Depok, melainkan seluruh lansia di Indonesia dapat memanfaatkannya.

Lebih lanjut Dian menjelaskan, sejak dibuka pada 22 Maret 2021, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit sudah memberikan suntikan vaksin pada 16.400 lansia dan 11.600 non lansia (tenaga pendidik maupun pelayanan publik).

Dengan jumlah tersebut, sentra vaksinasi XL Axiata ini mampu melakukan rata-rata 700 penyuntikan vaksin pada masyarakat. Dian pun mengatakan sejauh ini proses vaksinasi bisa dilakukan secara lancar dan aman.

Sebagai informasi, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit berlokasi di gedung parkir RSUI, Depok. Proses vaksinasi juga dilakukan di bawah pengawasan Kementerian Kesehatan maupun institusi yang berwenang lainnya.

Untuk mendukung kelancaran, setiap hari sentra vaksinasi ini mendapat dukungan lebih dari 130 relawan yang termasuk di dalamnya ada perawat, dokter, petugas keamanan dan adminsitrasi. Mereka berasal dari Ikatan Alumni UI, karyawan XL Axiata, dan tenaga media RSUI.

Sejumlah mitra XL Axiata seperti Benihbaik.com, Protelindo, Tower Bersama Group, dan Alita ikut memberikan dukungan pada sentra vaksinasi ini, termasuk Dinkes Kota Depok, Pemprobv Jawa Barat, Pemkot Depok, serta Ikatan Alumni UI.

Bagi warga yang ingin mengikuti vaksinasi wajib melakukan pendaftaran melalui laman khusus di situs resmi XL Axiata. Sentra vaksinasi ini beroperasi mulai Senin-Jumat (di luar hari libur), mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

Menkominfo Tinjau Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI yang Diinisiasi XL Axiata

FOTO: Layanan Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI Depok
Perbesar
Petugas medis memeriksa kondisi lansia saat vaksinasi COV-19 secara drive thru di RSUI, Depok, Jawa Barat, Kamis (25/3/2021). XL Axiata bekerja sama dengan RSUI yang didukung Kemenkes dan Pemkot Depok menggelar program Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit untuk lansia. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit yang diinisiasi XL Axiata dan Rumah Sakit UI (RSUI) telah dua pekan dibuka. Sentra Vaksinasi ini ditinjau oleh Menkominfo Johnny G. Plate pada Senin, 5 April 2021.

Selama dua pekan dibuka, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit telah melakukan suntik vaksin Covid-19 kepada sekitar 5.700 warga.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan, pemerintah mengapresiasi dukungan yang dilakukan masyarakat dan kalangan swasta yang telah menyediakan dan mengorganisasi sentra vaksinasi di tengah masyarakat.

"Sentra vaksinasi Covid-19 memudahkan pemerintah dalam mempercepat proses vaksinasi secara merata," kata Johnny dalam keterangan XL Axiata.

Ia mengapresiasi XL Axiata, UI, dan RS UI beserta seluruh pihak yang mendukung penyelenggaraan sentra vaksinasi ini.

"Saya berharap dukungan yang telah diberikan berbagai kalangan swasta bisa menginspirasi perusahaan lain untuk ikut membuka sentra vaksinasi di berbagai daerah," kata Johnny.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, manajemen XL Axiata ikut memantau jalannya vaksinasi di RSUI, termasuk berkoordinasi untuk memastikan program vaksinasi bisa dijalankan semaksimal mungkin.

"Sejauh ini vaksinasi berjalan lancar dan baik sesuai dengan yang diharapkan. Agar vaksinasi terus merata di Depok, kami berharap makin banyak warga Depok yang memanfaatkan fasilitas vaksinasi ini," kata Dian.

Sentra Vaksinasi Pertama yang Digelar Swasta

Menurut Dian, program Sentra Vaksin Indonesia Bangkit di Depok yang digelar XL Axiata ini adalah yang pertama digelar oleh pihak swasta sesuai arahan dari Kemenkes dan Pemda Provinsi Jawa Barat. Hal ini seiring dengan Jabar yang menjadi fokus wilayah pendistribusian vaksin, mempertimbangkan Jabar merupakan wilayah penyangga Ibu Kota.

Sejak dibuka sejak 23 Maret 2021, Sentra Vaksin Indonesia Bangkit akan digelar selama dua bulan. Lokasinya ada di Gedung Parkir RSUI, Depok.

Proses vaksinasi dilakukan secara drive thru di bawah pengawasan Kemenkes dan institusi yang berwenang lainnya. Dalam satu hari, dilakukan vaksinasi kepada 500-1.000 orang. Jalur drive thru sendiri disediakan bisa menampung hingga 1.000 mobil.

Warga yang ingin mengikuti vaksinasi wajib melakukan pendaftaran secara online melalui laman www.xlaxiata.co.id/indonesiabangkit dengan melengkapi validasi data pribadi serta verifikasi kondisi kesehatan calon peserta vaksin.

Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, peserta akan menjalani pengecekan kondisi fisik yang dilakukan secara standar kesehatan oleh pihak RSUI. 

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓