Sukses

Twitter Spaces Bisa Diakses via Browser di Desktop

Pengguna akan bisa bergabung ke Spaces di Twitter.com via browser di desktop atau peramban di perangkat mobile

Liputan6.com, Jakarta - Twitter memang sudah mengumumkan fitur live audio chat room miliknya, yakni Spaces, untuk para pengguna Android dan iOS.

Terkini, perusahaan berencana untuk menambah platform dimana penggunanya dapat bergabung dan berbicara di Twitter Spaces.

Berdasarkan keterangan di akun resmi Twitter, Jumat (28/5/2021), pengguna akan bisa bergabung ke Spaces di Twitter.com via desktop atau browser web di perangkat mobile mulai Rabu.

Sayang, Twitter Spaces versi desktop dan mobile browser ini masih memiliki keterbatasan. Pengguna dapat bergabung room di Spaces, tetapi tidak bisa men-host, ucap juru bicara Twitter ke The Verge.

Walau masih belum bisa diakses oleh semua pengguna Twitter, perusahaan saat ini sedang memantau kekurangan Spaces di desktop dan browser mobile ini.

Tim pengembang juga sedang menyiapkan fitur baru yang akan hadir di Twitter Spaces, seperti kemampuan untuk mengatur reminders saat ada jadwal room digelar, UI yang bisa menyesuaikan ukuran layar, dan layanan transkrip.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Twitter Mulai Gulirkan Spaces ke Lebih Banyak Pengguna

Twitter Spaces. Dok: Twitter/@TwitterSpaces

Twitter mulai menggulirkan layanan Spaces ke lebih banyak pengguna, setelah dikembangkan dan diuji secara terbatas ke sejumlah pengguna. Kini, akun dengan jumlah followers 600 atau lebih sudah bisa memulai menjadi host di Spaces.

"Dulu, anda mengikuti orang karena tweet mereka. Sekarang, anda dapat mendengar suara dan membicarakan apa yang sedang terjadi saat ini sekaligus apa yang penting bagi anda dengan Spaces secara live," tulis Twitter dalam keterangan resmi, Selasa (4/5/2021).

Seperti informasi, Spaces merupakan fitur yang memungkinkan pengguna membuka percakapan secara terbuka di Twitter. Jadi, fitur ini memungkinkan pengguna berdiskusi secara personal dalam skala terbatas maupun besar dengan orang lain.

3 dari 3 halaman

Cara Pakai Twitter Spaces

Adapun untuk memulai sesi Spaces, pengguna dapat mengaksesnya dari tombol compose dan pilih opsi Spaces. Pengguna yang juga bergabung sebagai pembicara nantinya juga dapat menyematkan tweet di Spaces tersebut.

Fitur lain yang juga tidak kalah menarik adalah fitur caption atau teks agar pendengar dapat mengikuti apa yang dibicarakan. Lalu membuat kicauan soal Spaces tersebut agar lebih banyak follower yang bisa bergabung.

Saat membuat sesi di Twitter Spaces, pengguna memiliki kontrol dalam sejumlah hal. Mulai dari siapa akan yang berbicara, topik pembicaraan, termasuk suasana yang ingin diciptakan.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini