Sukses

Telkomsel Luncurkan Layanan 5G di Indonesia, Cek Cakupannya

Sebagai permulaan, layanan 5G Telkomsel ini memang baru akan tersedia di beberapa wilayah saja, dimana saja cakupannya?

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel telah resmi meluncurkan layanan 5G di Indonesia. Sebagai permulaan, layanan 5G Telkomsel ini memang baru akan tersedia di beberapa wilayah saja, khususnya di daerah residensial.

Lantas, wilayah mana saja yang tercakup dengan layanan 5G Telkomsel? Director Network Telkomsel Nugroho menuturkan cakupan 5G saat ini baru hadir di Alam Sutera, BSD, Kelapa Gading, PIK, Pondok Indah, dan Widya Chandra.

Adapun keenam wilayah itu dipilih karena dianggap potensial untuk menggelar layanan 5G lebih dulu. "Ke depannya kami juga akan menggelar jaringan 5G sesuai kebutuhan masyarakat," tuturnya saat peluncuran 5G Telkomsel di Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Selain keenam wilayah itu, Telkomsel juga berencana untuk mengadakan 5G di wilayah lain secara bertahap.

Adapun wilayah lain yang tercakup layanan 5G Telkomsel adalah GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University (Bandung) dan Institut Teknologi Bandung.

Kehadiran 5G di Indonesia yang digelar Telkomsel sendiri mendapat apresiasi dari Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate yang turut hadir dalam peluncuran 5G oleh Telkomsel.

"Hari ini hari bersejarah untuk telekomunikasi di Indonesia. Menandai langkah baru revolusioner menatap masa depan telekomunikasi di Indonesia," tuturnya.

Johnny pun mengatakan kehadiran 5G bukan berarti menggeser layanan 4G. Menurutnya, dengan kehadiran teknologi ini Indonesia berarti mulai menjalankan rollout stimultaneous operations untuk 4G dan 5G.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Telkomsel Resmi Luncurkan Layanan 5G

Telkomsel akhirnya resmi meluncurkan layanan 5G di Indonesia. Peluncuran layanan 5G ini dilakukan di kantor pusat Telkom yang berlokasi di Jakarta.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro, peluncuran 5G ini menandai upaya Telkomsel untuk menjadi operator terdepan sekaligus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

"Dengan memberikan layanan 5G, kami bisa menumbuhkan talenta digital dan digitalpreuner di Indonesia, sekaligus membuat competitiveness Indonesia semakin baik," tutur Setyanto saat meluncurkan layanan 5G Telkomsel, Kamis (27/5/2021).

3 dari 3 halaman

Layanan 5G Secara Bertahap

Sebagai tahap awal, layanan 5G Telkomsel akan tersedia di Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Telkomsel juga akan menyediakan 5G secara bertahap ke kota lain. Beberapa kota yang disebut akan dilayani 5G nantinya Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Denpasar.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.