Sukses

Valve Kembangkan PC Genggam Mirip Nintendo Switch

Valve dikabarkan merancang sendiri PC genggam yang mirip Nintendo Switch ini menggunakan system-on-chip (SoC) dari AMD atau Intel.

Liputan6.com, Jakarta - Valve, perusahaan teknologi dan distributor game online di PC dikabarkan diam-diam sedang mengambangkan PC portable (genggam) yang mirip dengan konsol Nintendo Switch.

Disebutkan, konsol PC genggam ini bakal memiliki kemampuan untuk memainkan sejumlah judul game ternama di platform berbasis Steam PC via Linux.

Mengutip Android Authority, Kamis (27/5/2021), PC genggam yang diberi nama SteamPal ini diyakini paling lambat akan diumumkan--bila tidak ada masalah pasokan hardware--pada akhir tahun ini.

Tidak seperti Steam Machines, Valve dikabarkan merancang sendiri PC portabel miliknya. Perangkat tersebut akan dibuat berdasarkan system-on-chip (SoC) dari AMD atau Intel.

Setidaknya, saat ini ada satu prototipe konsol genggam PC tersebut lebih lebar dari Switch. Hal ini untuk mengakomodasi beragam kontrol, termasuk satu atau dua touchpads.

Seperti Nintendo Switch, PC portable milik Valve ini juga menggunakan "docking" agar bisa terhubung ke TV atau monitor via USB-C.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Disinggung Gabe Newell

Gabe Newell. (Sumber: Polygon)

Lebih lanjut, Gabe Newell, salah satu pendiri Valve ini sempat mengisyaratkan soal SteamPal ini saat mengisi sesi panel diskusi di sebuah sekolah Selandia Baru awal bulan ini.

Di sana, dia menghindari pertanyaan tentang rencana Valve untuk game konsol masa depan dengan jawaban tidak langsung, "Kamu akan mendapatkan ide yang lebih baik tentang itu pada akhir tahun ini."

"Kamu mungkin tidak akan mendapatkan jawaban yang diharapkan, tetapi akan berkata 'saya mengerti apa yang dia bicarakan saat itu.'" ujar Gabe.

3 dari 3 halaman

Valve Rilis Aplikasi Steam Link

Valve akhirnya merilis Steam Link bagi versi macOS di Mac App Store. Itu berarti, pengguna dengan sistem besutan Apple itu akan mampu melakukan streaming gim melalui perangkat mereka.

"Aplikasi Steam Link memungkinkan Anda memainkan gim Steam di semua komputer Anda," kata Valve, seperti dikutip dari Apple Insider, Kamis (25/3/2021).

"Cukup pasangkan pengontrol MFI atau Steam ke Mac Anda, sambungkan ke komputer yang menjalankan Steam di jaringan lokal yang sama, dan mulai mainkan game Steam Anda yang ada."

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini