Sukses

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 7c Gen 2 untuk Persenjatai Laptop Entry-Level

Qualcomm menuturkan Snapdragno 7c Gen 2 akan mendukung laptop entry-level, baik yang berbasis Windows maupun Chrome OS.

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm baru saja memperkenalkan chipset terbarunya yang ditujukan untuk laptop entry-level, baik yang berbasis Windows maupun Chrome OS. Chipset anyar ini hadir dengan nama Snapdragon 7c Gen 2.

Qualcomm mengatakan chipset ini mampu meningkatkan pengalaman perangkat entry level, sebab dibekali dengan sejumlah pembaruan. Mulai dari kemampuan kamera dan audio yang ditingkatkan, konektivitas LTE terintegrasi, hingga daya tahan baterai yang mumpuni.

"Laptop yang didukung oleh platform ini akan mendefinisikan kembali mobile computing untuk pengguna di bidang pendidikan, pekerja garda depan, dan penggunaan ringan sehari-hari," tutur Senior Director Product Management Qualcomm Miguel Nunes dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (27/5/2021).

Lebih lanjut dijelaskan Snapdragon 7c Gen 2 juga menawarkan performa sistem yang lebih baik, termasuk menawarkan pengalaman penelusuran yang lebih lancar dan pengalaman penggunaan yang lebih responsif.

Selain itu, chipset ini juga didukung dengan AI Engine generasi kelima untuk mendukung pemanfaatan software yang akan dipakai pengguna. Snapdragon 7c Gen 2 disebut turut menawarkan hiburan yang lebih imersif dan bertenaga, baik dari sisi audio maupun visual.

Sebagai tambahan, chipset ini hadir dengan sistem perlindungan bawaan untuk membantu menjaga keamanan data pengguna. Rencananya, perangkat pertama yang menggunakan Snapdragon 7c Gen 2 akan rilis pada musim panas tahun ini.

Salah satu perusahaan yang diketahui akan menggunakan chipset ini adalah Lenovo. Chief Marketing Officer of Intelligent Devices Group Lenovo Emily Ketchen menuturkan Lenovo berencana merilis perangkat baru dengan Snapdragon 7c Gen 2 di akhir 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Qualcomm Resmi Umumkan Kehadiran Snapdragon 778G

Sebelumnya, Qualcomm juga mengumumkan chipset terbaru besutannya dalam acara tahunan Qualcomm 5G Summit. Dalam gelaran tahun ini, Qualcomm memperkenalkan Snapdragon 778G.

Chipset ini dirancang untuk menghadirkan pengalaman mobile gaming yang mumpuni dan didukung kecerdasan buatan yang sudah ditingkatkan. Chipset ini akan digunakan di smartphone tier-tinggi dari Honor, iQOO, Motorola, Oppo, Realme, dan Xiaomi.

"Snapdragon 778G dikembangkan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat dari OEM global untuk memberikan lebih banyak pilihan platform pada tier-tinggi," tutur VP of Product Management Qualcomm , Kedar Kondap, dalam rilis yang diterima, Kamis (20/5/2021).

3 dari 3 halaman

Fitur di Snapdragon 778G

Snapdragon 778G hadir dengan sejumlah teknologi premium terbaru termasuk deretan fitur kelas tinggi. Beberapa di antaranya adalah:

  • Kamera : Snapdragon 778G hadir dengan fitur Triple ISP yang memungkinkan untuk mengambil foto atau video bersamaan dengan tiga sekaligus, seperti lensa wide, ultra-wide, dan zoom. Chipset ini mendukung perekaman video 4K HDR 10 Plus yang dapat menangkap lebih dari satu miliar warna. Snapdragon 778G juga mendukung sensor gamber staggered HDR.
  • AI : Snapdragon 778G hadir dengan Qualcomm AI Engine generasi keenam dengan prosesor Qualcomm Hexagon 770. Karenanya, chipset ini memiliki kemampuan noise cancellation dan kamera berbasis AI lebih baik.
  • Gaming : Chipset ini turut menghadirkan sejumlah fitur dari Qualcomm Snapdragon Elite Gaming, seperti Variable Rate Shading (VRS) dan Qualcomm Game Quick Touch.
  • Konektivitas : Snapdragon 778G terintegrasi dengan modem-RF Snapdragon X53 5G System yang menghadirkan kemammpuan mmWave dan sub-6.
  • Performa : Diproduksi dengan proses teknologi 6nm, Snapdragon 778G menawarkan performa dan efisiensi daya yang lebih baik.

Rencananya, Snapdragon 778G akan tersedia secara komersial pada kuartal kedua 2021. Namun deretan model yang akan menggunakannya belum diungkap saat ini. 

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.