Google Photos Hadirkan Tool untuk Temukan dan Hapus Foto Buram

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 25 Mei 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 25 Mei 2021, 19:00 WIB
Google
Perbesar
Google Photos yang dirombak kini punya ikon dan tampilan dalam aplikasi yang baru. (Doc. Google)

Liputan6.com, Jakarta - Google Photos menghadirkan tool untuk membantu pengguna menemukan dan menghapus foto buram dan video berkapasitas besar.

Mengutip The Verge, Selasa (25/5/2021), tool ini hadir untuk membantu pengguna membebaskan ruang penyimpanan yang tersedia.

Untuk menggunakannya, pengguna bisa menemukan tool penghapus foto buram ini di bagian "Manage Storage" pada aplikasi.

Bagian Manage Storage ini juga membantu pengguna untuk menemukan dan menghapus file screenshot yang masih tersimpan di Google Photos.

Dalam kesempatan yang sama, Google berjanji untuk memberikan notifikasi ke pengguna yang kuota penyimpanan Google Photos-nya sudah hampir penuh.

Seperti diketahui, Google bakal menghentikan dukungan penyimpanan tanpa batas untuk menyimpan foto atau video berkualitas tinggi di Google Photos mulai 1 Juni mendatang.

Google Photos
Perbesar
Aplikasi Tingkatkan Eksistensi. Sumber : androidpolice.com.

Google mengumumkan, pengguna kini bisa mengetahui berapa banyak file besar yang disimpan untuk mengantisipasi jika ruang penyimpanan gratisnya telah penuh.

"Google tidak akan lagi menganggap bahwa foto dan video yang telah dikompres dan 'berkualitas rendah' sebagai 'foto berkualitas tinggi/ high quality', " kata Google.

Alih-alih menganggap file berkualitas rendah sebagai 'high quality', Google akan menggunakan nama 'Storage saver' untuk mengidentifikasi foto berkualitas normal.

Para pengguna pun bisa memilih untuk mengunggah foto/ video dengan kualitas 'Storage saver' atau 'Original quality'. Keduanya pun akan dihitung dalam penyimpanan gratis sebesar 15GB. Sementara, foto/ video berkualitas original akan menggunakan lebih banyak ruang penyimpanan.

Jika kini kasusnya pengguna telah memakai ruang penyimpanan sebesar 10GB untuk Gmail dan 2GB untuk menyimpan dokumen di Google Drive, pengguna hanya tinggal memiliki ruang kosong sebesar 3GB untuk foto. Apa yang harus dilakukan?

The Verge memperingatkan, semua foto "berkualitas tinggi" yang ada sebelum 1 Juni 2021 tidak akan disertakan dalam perhitungan.

Untuk itulah Google menghadirkan tool yang membantu pengguna mengidentifikasi dan foto buram dan video berkualitas tinggi. Dengan begitu mereka akan punya lebih banyak ruang untuk menyimpan foto lainnya di Google Photos.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Setop Penyimpanan Unlimited di Google Photos

November lalu, Google Photos mengumumkan akan mulai menyetop layanan penyimpanan unlimited ini setelah hadir 5 tahun terakhir.  

Google Photos hanya akan memberikan ruang penyimpanan gratis sebesar 15GB per pengguna untuk mengunggah foto berkualitas original.

Sebelumnya, hanya foto berkualitas "original" (tidak dikompres) yang dihitung dalam ruang penyimpanan, sementara foto yang diunggah dalam kualitas "tinggi" yang dikompres dianggap gratis.

Mengutip GSM Arena, Kamis (12/11/2020), perubahan ini bakal resmi diberlakukan pada 1 Juni 2021. Dengan demikian, mulai tanggal tersebut, semua foto akan diperlakukan sama, baik itu kualitas original ataupun tinggi.

Namun para pengguna tidak perlu khawatir dengan foto lama mereka, karena semua foto dan dokumen yang diunggah sebelum 1 Juni 2021 tidak akan dihitung. Perubahan ini hanya berlaku untuk foto dan video yang diunggah setelah tanggal tersebut.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya