Sukses

Pengguna Android Bakal Bisa Perintah Google Assistant untuk Matikan Ponsel

Dari beragam fitur yang hadir di Android 12, Google Assistant akan memiliki kemampuan untuk mengenali perintah suara untuk mematikan smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mempertunjukkan sejumlah fitur dan kemampuan baru yang akan hadir lewat update sistem operasinya (OS), yakni Android 12.

Dalam gelaran acara Google I/O 2021, perusahaan memperlihatkan sejumlah fitur baru di Android 12, seperti Chrome Password Manager hingga Locked Folder di Google Photos.

Selain itu, raksasa mesin pencari tersebut juga memperkenalkan fitur baru di Google Assistant yang mampu mematikan smartphone pengguna berbekal perintah suara saja.

Adapun pengguna cukup mengaktifkan Google Assistant dengan mengucapkan "Hey Google" diikuti dengan kata "Power Off", maka smartphone pun akan otomatis mati, sebagaimana dikutip dari 9to5Google, Minggu (23/5/2021).

Sayang, masih belum diketahui secara pasti apakah dengan berkata "Power off phone" ini akan mematikan ponsel atau hanya memunculkan menu tombol power.

Selain itu, Google juga belum mengungkap secara jelas apakah fitur baru di Google Assistant ini akan hadir secara eksklusif di Android 12 atau hanya ponsel Pixel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna Aktif Android Tembus Angka 3 Miliar

Diungkap oleh Google VP of Android Product Management dan Play Market, Sameer Samat, saat ini sudah ada lebih dari 3 miliar perangkat Android aktif di seluruh dunia.

Dibandingkan 2019, jumlah perangkat Android yang aktif meningkat hingga 500 juta. Dikutip Gizchina, Kamis (20/5/2021), Google telah melampaui angka 2 miliar perangkat aktif pada 2017.

Perlu diingat, statistik yang diungkap oleh raksasa mesin pencari ini didasarkan pada data dari platfom Google Play Store.

 

3 dari 3 halaman

Android 12 Beta Publik

Google mengumumkan Android 12 di keynote konferensi pengembang Google I/O. Sejumlah smartphone sudah kebagian update Android 12 beta publik.

Smartphone yang kebagian update Android 12 beta publik antara lain adalah:

- Google Pixel 3

- Pixel 3 XL,

- Pixel 3A, - Pixel 3A XL,

- Pixel 4,

- Pixel 4 XL,

- Pixel 4A,

- Pixel 4A 5G,

- Pixel 5,

- Asus Zenfone 8,

- OnePlus 9,

- OnePlus 9 Pro,

- Oppo Find X3 Pro,

- TCL 20 Pro 5G,

- Vivo iQOO 7,

- Xiaomi Mi 11,

- Mi 11 Ultra,

- Mi 11I,

- Mi 11X Pro,

- ZTE Axon 30 Ultra 5G.

Selain itu ada pula sejumlah model smartphone mulai dari Sharp, Tecno, dan Realme.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.