Sukses

Pengguna Aktif Android Tembus Angka 3 Miliar Secara Global

Google mengungkap, saat ini sudah ada lebih dari 3 miliar perangkat Android aktif di berbagai negara di penjuru dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengungkap data tentang berapa jumlah pengguna Android aktif di seluruh dunia dalam acara tahunan mereka, yakni Google I/O 2021.

Diungkap oleh Google VP of Android Product Management dan Play Market, Sameer Samat, saat ini sudah ada lebih dari 3 miliar perangkat Android aktif di seluruh dunia.

Dibandingkan 2019, jumlah perangkat Android yang aktif meningkat hingga 500 juta. Dikutip Gizchina, Kamis (20/5/2021), Google telah melampaui angka 2 miliar perangkat aktif pada 2017.

Perlu diingat, statistik yang diungkap oleh raksasa mesin pencari ini didasarkan pada data dari platfom Google Play Store.

Jumlah ini tidak termasuk perangkat Android yang menggunakan toko digital pihak ketiga, serta perangkat Android di Tiongkok, atau pengguna yang memilih untuk tidak menggunakan layanan dan aplikasi Google.

Bila ditotal secara keseluruhan, kemungkinan besar perangkat Android yang tersebar di dunia lebih banyak daripada yang diumumkan dalam presentasi perusahaan di Google I/O 2021.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jumlah Perangkat iPhone di Dunia

iPhone 11 Pro. Liputan6.com/Yuslianson

Di sisi lain, awal tahun ini Apple mengumumkan ada lebih dari 1 miliar iPhone yang digunakan di seluruh dunia--sepertiga dari perangkat Android yang aktif.

Berdasarkan perbandingan ini, dapat dikatakan dominasi smartphone dan tablet Apple hanya terbatas di Amerika Serikat dan beberapa wilayah lainnya.

Sementara itu di belahan dunia lainnya, Android masih menjadi yang terdepan dan lebih banyak dipakai.

3 dari 3 halaman

Android 12 Beta Publik Tersedia untuk Sejumlah Smartphone

Google mengumumkan Android 12 di keynote konferensi pengembang Google I/O. Sejumlah smartphone sudah kebagian update Android 12 beta publik.

Smartphone yang kebagian update Android 12 beta publik antara lain adalah:

- Google Pixel 3

- Pixel 3 XL,

- Pixel 3A, - Pixel 3A XL,

- Pixel 4,

- Pixel 4 XL,

- Pixel 4A,

- Pixel 4A 5G,

- Pixel 5,

- Asus Zenfone 8,

- OnePlus 9,

- OnePlus 9 Pro,

- Oppo Find X3 Pro,

- TCL 20 Pro 5G,

- Vivo iQOO 7,

- Xiaomi Mi 11,

- Mi 11 Ultra,

- Mi 11I,

- Mi 11X Pro,

- ZTE Axon 30 Ultra 5G.

Selain itu ada pula sejumlah model smartphone mulai dari Sharp, Tecno, dan Realme.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.