Sukses

Internet Tri Melonjak Saat Lebaran, Ini Daftar Aplikasi Paling Banyak Diakses

Penggunaan internet di jaringan Tri melonjak selama libur Lebaran, kenaikan dipicu oleh penggunaan sejumlah aplikasi seperti aplikasi pesan, gim mobile, streaming video, hingga media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia kembali merayakan Ramadhan dan Idul Fitri di tengah pandemi. Perayaan Lebaran pun harus dilakukan secara virtual menggunakan jaringan internet, guna mencegah penyebaran Covid-19.

Operator Tri Indonesia mencatat terjadi kenaikan penggunaan internet di jaringan 4.5G Pro milik mereka.

Dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Rabu (19/5/2021), aplikasi pesan WhatsApp mengalami lonjakan trafik sebesar 60 persen di jaringan Tri, jika dibandingkan hari normal sebelum Ramadhan.

Tak hanya aplikasi pesan, aplikasi gim mobile dan streaming turut menyumbang trafik data Tri. Tri mencatat, ada kenaikan penggunaan aplikasi gim mobile seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends sekitar 90-150 persen.

Penggunaan aplikasi YouTube dan Netflix di jaringan Tri juga meningkat sebesar 30 persen.

Para pelanggan Tri juga banyak menggunakan media sosial untuk berbagi ucapan dan momen Idul Fitri.

Secara keseluruhan, terhadap kenaikan penggunaan aplikasi media sosial sebesar 23 persen yang didominasi TikTok (naik 70 persen), diikuti Instagram dan Facebook.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peningkatan Trafik SMS

SMS juga mengalami kenaikan penggunaan sebesar 14 persen. Namun layanan suara justru turun sebesar 6,5 persen.

Chief Technical Officer Tri Indonesia Desmond Cheung mengatakan, Tri mendukung inisiatif pemerintah membatasi pergerakan mudik di tengah pandemi.

"Berbagai upaya dilakukan Tri Indonesia agar kebutuhan komunikasi para pelanggan tetap terpenuhi, terutama di saat, sebelum, dan sesudah perayaan Idul Fitri," tutur Desmond.

Dalam menghadapi lonjakan trafik internet pengguna, Tri menggandakan jumlah sites menjadi hampir 2 kali lipat dalam dua tahun terakhir.

3 dari 3 halaman

Persiapkan 214 Titik Hot Spot

Untuk menjalani perayaan Idul Fitri, Tri memperluas jaringannya di 214 hot spot di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara.

Tidak hanya itu, jumlah cell on wheels (COW) juga disiagakan di berbagai lokasi untuk mendukung tambahan kebutuhan koneksi internet saat Idul Fitri. Dengan begitu, tidak ada gangguan layanan selama libur Idul Fitri.

Tri mencatat kenaikan lalu lintas data tertinggi di wilayah Jawa Barat ada di Tasikmalaya dan Cirebon dengan kenaikan 30 persen. Diikuti Jawa Tengah yang menjadi wilayah kedua dengan kenaikan data tertinggi di kota Purwokerto dan Garut dengan kenaikan hampir 30 persen.

Untuk wilayah Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, kenaikan tertinggi terdapat di kota Padang, Pontianak, dan Makassar.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.