Smartphone Lemot Karena Penuh Foto Lebaran? Yuk, Atasi dengan Cara Ini

Oleh Arief Rahman Hakim pada 18 Mei 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 18 Mei 2021, 09:00 WIB
5 Selfie Termahal yang Bikin Bangkrut, Ada dari Indonesia
Perbesar
Ilustrasi selfie (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Libur Lebaran sekaligus akhir pekan membuat banyak momen yang diabadikan. Kendalanya, memori smartphone jadi semakin penuh dengan foto dan video dokumentasi yang ada.

Memasuki kembali aktifnya bekerja dan aktivitas, tentunya memori smartphone yang penuh akan memengaruhi kinerjanya dan bisa jadi lemot.

Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan tiga langkah ini agar aktivitas kamu tidak terganggu pada memori smartphone yang kepenuhan.

Sortir

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan ada menyortir foto atau video yang telah diambil.

Tak dipungkiri, banyak momen yang tak ingin kamu lewatkan untuk diabadikan, namun sedikit foto tentang momen Lebaran juga tak kalah berarti.

Pilih beberapa foto dengan kualitas yang paling bagus menurut kamu untuk tetap ada. Selain itu, perhatikan juga jumlah keluarga kamu yang masuk dalam frame foto tersebut.

Usahakan untuk mempertahankan yang paling banyak memuat anggota keluarga. Dengan demikian, akan cukup banyak foto yang dibuang dan mempersempit jumlah foto yang disimpan.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Simpan di Cloud

Setelah disortir, kamu perlu menyimpannya di layanan penyimpanan cloud, misalnya Google Drive.

Kamu bisa membuat sebuah folder khusus untuk Lebaran tahun ini agar lebih rapi.

Penyimpanan cloud tidak memerlukan memori yang ada di smartphone kamu, jadi tidak akan memengaruhi kinerja smartphone.

Penyimpanan cloud juga memudahkan untuk mengkategorikan foto dan memudahkan saat membagikannya.

 


Bagikan Link

Smartphone kamu digunakan sebagai dokumentasi utama? Tenang saja, kamu cukup membagikan link folder Google Drive yang telah kamu buat sebelumnya.

Langkah ini akan memudahkan kamu karena tidak perlu memberatkan memori penyimpanan dengan mengirim gambar ke orang lain atau ke grup keluarga.

Seperti diketahui, misalnya, dalam mengirim foto melalui WhatsApp, foto terkirim akan tersimpan di folder khusus dan tentunya memakan space memori smartphone kamu.

Kemudian, ini akan memudahkan tiap pengguna lainnya karena cukup mengetuk link yang dibagikan, mereka dapat melihat hasil dokumentasinya.

Mereka juga dapat mengunduh sebagian foto terkait saja, jadi tidak keseluruhan isi folder tersebut diunduh ke smarphone-nya. 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya