Sukses

Implan Otak Bantu Orang Lumpuh Menulis dengan Pikiran

Sistem implain otak yang dikembangkan berpotensi menyaingi kecepatan mengetik orang dewasa yang bertubuh sehat.

Liputan6.com, Jakarta - Gagasan implan otak untuk membantu mereka yang lumpuh melakukan hal-hal tertentu bukanlah hal baru, tetapi kenyataannya tidak selalu sesuai dengan konsep.

Misalnya, ada implan dan teknologi pelacakan mata yang memungkinkan pasien lumpuh untuk berkomunikasi dengan orang lain, tetapi prosesnya agak lambat.

Kabar baiknya, para peneliti di Universitas Stanford telah menemukan sistem implan otak yang berpotensi jauh lebih baik.

Para peneliti mengklaim sistem yang mereka kembangkan berpotensi menyaingi kecepatan mengetik orang dewasa yang bertubuh sehat.

Mengutip Ubergizmo, Senin (17/5/2021), metode implan otak ini melibatkan upaya untuk mengubah gerakan tulisan tangan dari aktivitas otak menjadi teks di layar.

Dalam penelitian tersebut, mereka meminta subjek untuk membayangkan bahwa dia menulis secara normal dengan pena di selembar kertas, dan aktivitas dari pikirannya kemudian ditranskripsikan dengan algoritma yang menerjemahkan gerakan tangan dan jarinya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apakah Berhasil?

Berdasarkan hasil penelitian, subjek mereka berhasil mencapai kecepatan 'menulis' 18 kata per menit dengan akurasi 94,1 persen.

Sebagai gambaran, rata-rata orang dewasa dapat mengirim teks dengan kecepatan 23 kata per menit di smartphone. Dengan 18 kata per menit, sebenarnya tidak terlalu buruk.

Sayangnya, belum diketahui kapan teknologi ini benar-benar akan diterapkan dan digunakan. Saat ini para peneliti sedang melakukan lebih banyak uji coba untuk menguji keefektifan dan juga keamanan sistem mereka.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.