Sukses

Kerja Sama Leica dan Huawei Berakhir, Berikutnya dengan Xiaomi?

Kerja sama antara Leica dan Huawei dikabarkan berakhir, Leica pun menjadi brand bebas yang kabarnya akan dipinang oleh Xiaomi.

Liputan6.com, Jakarta - Leica dan Huawei dikabarkan mengakhiri kolaborasi dalam hal teknologi kamera yang telah dibangun selama bertahun-tahun.

Diketahui, keduanya pertama kali berkolaborasi sejak Huawei merilis smartphone flagship Huawei P9 pada 2016.

Keduanya pun terus bermitra menghadirkan kamera terbaik untuk ponsel flagship Huawei, termasuk Huawei Mate 40 yang dirilis pada 2020.

Namun laporan terbaru yang dikutip dari Gizchina, Minggu (16/5/2021), kemitraan antara Huawei dan Leica telah berakhir dan tidak ada yang memperbarui kontrak tersebut, setidaknya hingga berita ini ditayangkan.

Disebutkan, kolaborasi antara Leica dan Huawei kemungkinan akan berhenti di smartphone Huawei yang akan datang, Huawei P50 series.

Seiring dengan kontrak yang berakhir itu, kini Leica menjadi brand bebas yang bisa bekerja sama dengan vendor smartphone mana pun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Leica Siap Dipinang Xiaomi?

Xiaomi, Sharp, dan Gionee disebut-sebut siap menggantikan Huawei untuk bermitra dengan Leica. Diduga, pihak-pihak di atas siap untuk menjalin kemitraan satu sama lain.

Saat ini masih belum ada informasi detail, namun jika kemitraan antara Xiaomi dan Leica terjalin, bukan tidak mungkin keduanya segera menghadirkan teknologi kamera di Mi Mix 4 untuk tahun depan.

Sekadar informasi, kolaborasi antara Huawei dengan pembesut kamera asal Jerman itu bermula dari pemikiran Huawei yang menganggap sebuah smartphone tidak cukup hanya degan kamera yang bagus.

3 dari 3 halaman

Kemitraan Huawei dan Leica

Huawei beranggapan, butuh brand yang kuat untuk membangun reputasinya di seluruh dunia. Oleh karenanya, Huawei menggandeng Leica untuk bermitra membuat 'camera phone', alih-alih hanya smartphone dengan kamera bagus.

Kemitraan antara Huawei dan Leica pun tidak hanya sebagai proyek yang bersifat satu kali.

Keduanya berhasil menciptakan beberapa smartphone dengan kamera terbaik di pasaran. Bahkan selama beberapa tahun, kolaborasi ini membuat flagship Huawei tampil di puncak platform DxOMark sebagai kamera terbaik.

Seiring dengan berakhirnya kontrak keduanya yang kini belum diperbarui, mungkinkan posisi flagship Huawei di DxOMark juga bakal tergeser?

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.