Belanja Online Jadi Pilihan untuk Penuhi Kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 13 Mei 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 13 Mei 2021, 15:00 WIB
Blibli Meningkatkan Standar Prosedur Sanitasi untuk Kenyamanan Pelanggan
Perbesar
Jaminan Sanitasi di Kantor, Warehouse, dan Hub Blibli. (Liputan6.com/Dok. Blibli)

Liputan6.com, Jakarta - Belanja online menjadi salah satu bagian dari adaptasi kebiasan baru. Platform digital seperti Blibli pun menjadi support system masyarakat memenuhi kebutuhan selama Ramadhan.

Pandemi yang masih berlangsung mendorong masyarakat di dalam dan luar Ibu Kota kian memaksimalkan e-commerce untuk membeli berbagai kebutuhan.

Hal ini juga terjadi di Blibli selama festival Hikmah Ramadan. Blibli mencatatkan peningkatan pemesanan untuk sejumlah kategori seperti produk groceries, teknologi, kesehatan dan kecantikan, fashion muslim, hingga investasi emas dan logam mulia.

Pemanfaatan platform digital untuk memenuhi kebutuhan di berbagai momen penting seperti Ramadhan mulai terjadi secara menyeluruh.

Berdasarkan data Blibli, ada beberapa wilayah dengan pertumbuhan order paling tinggi. Wilayah tersebut antara lain Simeulue di Aceh, Sidenreng Rappang di Sulawesi Selatan, Yahukimo di Papua, Katingan di Kalimantan Tengah, hingga Kerinci di Jambi.

Untuk itu, Blibli terus melengkapi fitur dan layanan di aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam berbelanja.

VP Business Development Blibli Cindy Kalensang mengungkap, Ramadhan selalu menjadi momen yang tepat untuk mendorong performa penjualan bagi pemain retail seperti Blibli, terutama di saat digitalisasi secara menyeluruh hingga daerah di Ibu Kota.

2 dari 4 halaman

Transaksi Fashion Muslim Naik 5 Kali Lipat di Blibli

Blibli Mart
Perbesar
Blibli Mart

"Blibli sebagai platform digital melihat bahwa e-commerce telah menjadi partner bagi pelanggan untuk menjalani momen-momen penting seperti puasa dan Lebaran. Oleh karena itu, produk yang dibeli di momen Ramadhan kali ini lebih luas, dari kebutuhan sehari-hari ini produk yang bisa meningkatkan kualitas hidup," kata Cindy, dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Kamis (13/5/2021).

Blibli melihat, larangan mudik membuat pelanggan tetap merayakan Idul Fitri secara virtual dan mempersiapkan penampilan terbaiknya. Hal ini terbukti dengan Blibli mencatat order produk kategori Fashion Muslim meningkat hingga 5 kali lipat dibanding hari biasa.

Baju koko menjadi salah satu produk yang paling digemari, karena mudah dipadukan dengan outfit lainnya secara kreatif di momen Hari Raya.

Blibli juga mengungkap, kesadaran keuangan masyarakat makin terlihat selama program Hikmah Ramadan berlangsung. Blibli mencatat terjadi permintaan produk investasi di kategori Logam Mulia dan Perhiasan Emas meningkat hingga 2 kali lipat dibanding hari biasa.

Emas sendiri merupakan salah satu investasi perhiasan yang dianjurkan bagi umat Muslim menjadi barang favorit selama bulan Ramadhan.

3 dari 4 halaman

Kategori Kesehatan Tumbuh 2 Kali Lipat

Kategori Kesehatan dan Kecantikan serta kategori BlibliMart yang berisi kebutuhan groceries ikut tumbuh 2 kali lipat dibanding harian. Produk berupa sirup, madu, minuman bersoda, serta biskuit dan snack mengalami permintaan yang tinggi.

Selain kebutuhan keseharian, banyak pelanggan yang memanfaatkan momentum Ramadhan ini untuk membeli barang penunjang olahraga dari kategori Handphone, Tablet & Wearable Gadget. Kategori ini mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dibanding hari biasanya.

Produk seperti smartwatch dan aksesoris wearable banyak dipesan oleh pelanggan untuk menemani mereka bersepeda ringan atau jogging saat ngabuburit.

Produk-produk smart home seperti robot vacuum dan air purifier cukup populer.

“Performa produk dari berbagai kategori di Blibli ini menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital semakin menjadi hal yang inklusif bagi masyarakat," kata Cindy.

Lebih lanjut dia mengatakan, Blibli akan memperkuat layanan bagi pelanggan dengan fitur pengiriman cepat. Misalnya 2 Hours Delivery, Instant, dan Sameday sebagai layanan fast delivery Blibli yang didukung oleh warehouse yang tersebar di 15 kota-kota besar di Indonesia dan kemitraan logistik yang lengkap.

(Tin/Ysl)

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓