5 Aplikasi untuk Kirim THR Online, Apa Saja?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 12 Mei 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 12 Mei 2021, 08:00 WIB
6 Desain Amplop THR Ini Kelewat Kreatif, Jangat Terkecoh
Perbesar
Desain Amplop THR. (Sumber: Twitter/@ketotolan_tolol)

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan hampir berakhir dan umat muslim segera merayakan Idulfitri. Meski di tengah pandemi, kita tetap bisa berkumpul dengan sanak keluarga secara virtual. 

Keseruan Idulfitri juga makin terasa dengan saling berbagi THR, bedanya karena lebaran dilakukan jauh dari keluarga, tahun ini THR-nya bisa dikirimkan secara online. 

Bagi mereka yang masih merayakan Idulfitri bersama, tidak ada salahnya juga kalau mau mengirimkan THR online melalui aplikasi yang ada. Hal ini bisa menghindarkan diri dari memegang uang kertas yang mungkin penuh bakteri. 

Lalu, aplikasi apa yang bisa digunakan untuk berkirim THR online ke sanak saudara, yuk simak di artikel ini. 

ShopeePay

Belakangan ShopeePay jadi metode pembayaran yang digandrungi pengguna internet karena banyaknya diskon dan cashback yang ditawarkan.

Namun, ShopeePay juga bisa dipakai untuk mengirim saldo THR. Caranya, masuk ke aplikasi Shopee, pilih ShopeePay, kemudian akses menu Transfer.

Lalu di halaman Transfer, pilih Transfer yang bisa dilakukan ke nomor telepon, ke pengguna ShopeePay, atau penarikan tunai ke rekening bank.

Kemudian, masukkan nominal yang ingin ditransfer. Lakukan konfirmasi dan masukkan PIN ShopeePay.

Terakhir, pastikan mendapat notifikasi bahwa transaksi pengiriman uang telah berhasil.

2 dari 5 halaman

DANA

Aplikasi DANA
Perbesar
Aplikasi DANA.

Aplikasi dompet digital DANA bisa menjadi pilihan yang pas kalau kamu mau membagikan THR secara online.

Untuk mengirim uang melalui DANA, buka aplikasi DANA. Lalu pilih opsi Send, di sini kamu bisa memilih untuk mengirimnya ke nomor telepon pengguna DANA lainnya atau kirim ke nomor rekening.

Misalnya kamu mau mengirim uang ke akun DANA, kamu hanya perlu memilih akun yang ingin dikirimi THR. Lalu, masukkan nominal uang yang akan dikirimkan.

Untuk sumber uang yang ingin ditransfer bisa dipilih dari saldo DANA atau menggunakan rekening yang sudah disimpan di akun DANA. Tekan konfirmasi, masukkan PIN DANA, dan uang pun akan langsung terkirim.

 

3 dari 5 halaman

Gopay

GoPay
Perbesar
GoPay

Gopay ada di aplikasi Gojek. Bagi para pengguna Gojek tentu sudah akrab dengan fitur kirim uang.

Cara pun mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi Gojek, lalu di samping saldo Gopay kamu bisa memilih menu Pay.

Di sini kamu bisa memilih untuk mengirimkan saldo Gopay ke akun Gopay lain atau ke akun perbankan tertentu. Misalnya, kamu bisa mengirimkan saldo ke akun Gopay salah satu saudara, kemudian masukkan nominal yang hendak dikirim.

Kamu juga bisa memberikan keterangan bahwa saldo tersebut adalah sebagai THR. Lalu pilih Confirm and Pay untuk melanjutkan pengiriman.

Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan PIN Gojek dan selesai memasukkan PIN, saldo pun berpindah ke akun saudara kamu.

4 dari 5 halaman

OVO

ilustrasi tips membagikan THR dengan ovo/ovo.id
Perbesar
ilustrasi tips membagikan THR dengan ovo/ovo.id

Kamu juga bisa mengirimkan uang THR ke sanak saudara menggunakan OVO. Caranya buka aplikasi OVO, lalu pilih menu Transfer.

Kamu bisa mentransfer ke sesama OVO atau ke rekening bank. Misalnya mau transfer ke sesama OVO, kamu hanya perlu memasukkan nama atau nomor ponsel yang terdaftar.

Selanjutnya, masukkan nominal yang mau ditransfer dan masukkan pesan yang ingin disampaikan.

Pilih Lanjutkan, masukkan PIN OVO, dan setelah PIN dimasukkan, uang pun akan langsung berpindah ke akun saudara kamu.

5 dari 5 halaman

LinkAja

Aplikasi LinkAja
Perbesar
Ilustrasi aplikasi LinkAja. (Foto: LinkAja)

LinkAja juga bisa jadi salah satu opsi kalau kamu mau mengirimkan THR ke saudara saat Idulfitri.

Caranya, buka LinkAja, lalu pilih opsi Kirim Uang. Kamu akan diminta memilih metode transfer, mulai dari scan kode QR, memasukkan nomor telepon (akun LinkAja), atau mengirimkannya ke rekening bank.

Misalnya kamu mau kirim ke nomor telepon yang memiliki akun LinkAja, kamu tinggal cari di kontak dan memilih siapa yang akan dikirimi uang.

Lalu kamu bisa masukkan nominal uang yang hendak dikirim, menambahkan catatan, dan menyelesaikan pengiriman uang dengan memasukkan nomor PIN LinkAja kamu.

(Tin/Isk)

 

Lanjutkan Membaca ↓