Sukses

Tokopedia: Transaksi Zakat Maal Naik Hampir 3 Kali Lipat

Transaksi zakat maal dan donasi di Tokopedia Salam meningkat hingga tiga kali lipat pada bulan Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Selama Ramadhan 2021, Tokopedia mencatat ada kenaikan nilai transaksi Zakat Maal sebesar hampir tiga kali lipat dibandingkan periode sebelum Ramadhan.

Sementara, jumlah transaksi Donasi meningkat lebih dari 3 kali lipat dibandingkan periode sebelum Ramadhan. Zakat Maal dan Donasi sama-sama dikelola di bawah platform Tokopedia Salam. 

Tokopedia memiliki platform Tokopedia Salam hasil kolaborasi dengan berbagai lembaga penyalur donasi, guna mempermudah masyarakat berbagi kebaikan melalui Tokopedia, khususnya selama Ramadhan.

"Donasi dari pengguna Tokopedia disalurkan oleh berbagai lembaga terpercaya yang terhubung dengan Tokopedia secara berkala. Penyalurkan ditujukan kepada mereka yang membutuhkan," kata External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya. 

Melalui Tokopedia Salam, Tokopedia menghadirkan sederet fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berbagi kebaikan, mulai dari Fidyah, Kotak Amal, Kurban, hingga Wakaf Uang.

Selain berbagi kebaikan, masyarakat juga bisa beribadah melalui genggaman tangan dengan fitur Alquran Digital dan Jadwal Salat yang bisa diakses melalui platform Tokopedia Salam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengguna Jadwal Salat dan Alquran Digital

"Sejak pertama kali diluncurkan, pengguna aktif bulanan Jadwal Salat di Tokopedia meningkat hampir 12 kali lipat. Sedangkan pengguna aktif bulanan Alquran Digital melonjak lebih dari 35 kali lipat," kata Ekhel.

Tokopedia Salam dianggap sebagai solusi dari hulu ke hilir, menghadirkan produk, layanan, hingga pembayaran bagi masyarakat.

Untuk memudahkan masyarakat mempererat silaturahmi di tengah pandemi, Tokopedia juga menghadirkan Paket Selamat.

Paket ini menghadirkan berbagai jenis produk digital seperti pulsa, paket data, voucher gim, streaming, hingga pembayaran listrik dengan diskon hingga 50 persen.

"Deretan inisiatif ini diharapkan dapat menyediakan akses lebih luas bagi lebih banyak masyarakat Indonesia agar bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lainnya sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah Indonesia secara digital," katanya.

3 dari 3 halaman

Bayar Zakat Fitrah di Tokopedia

Sebelumnya, Tokopedia menghadirkan laman khusus untuk memfasilitasi pembayaran zakat fitrah secara online, yakni melalui tokopedia.com/s/zakat-fitrah.

Menurut penjelasan di blog Tokopedia, fitur pembayaran zakat fitrah ini ada di menu Tokopedia Salam.

Mudahnya, pengguna bisa membuka laman di atas, kemudian terdapat kolom dengan tulisan jumlah orang wajib zakat.

Pada kolom tersebut kamu bisa tuliskan jumlah orang yang ingin kamu bayarkan zakat fitrahnya, mulai dari satu dan seterusnya dengan pembayaran per orang Rp 45 ribu.

Kamu bisa menuliskan nama wajib zakat, yakni orang yang hendak membayar zakat. Setelah itu, kamu bisa mengklik Pilih Pembayaran, di situ kamu diajak login ke akun Tokopedia. Kamu bisa mengikuti langkah selanjutnya.

Di aplikasi Tokopedia, kamu bisa mencari menu Halal Corner di menu tiga strip. Klik Halal Corner lalu pilih menu Zakat Fitrah.

Karena sudah login di aplikasi, pada kolom nama wajib zakat sudah tertulis nama kita, kita tinggal memilih jenis pembayaran.

Ketika klik pilih pembayaran akan ada niat zakat fitrah yang bisa dibaca pilih lanjut bayar dan pembayaran bisa dilakukan dengan metode pembayaran transfer mbanking, Ovo, LinkAja, dan lain-lain.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini