Sukses

Telkomsel Bersama Pemkot Surakarta Dorong Pemanfaatan Teknologi Digital untuk UMKM

Telkomsel bersama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta menghadirkan program UMKM Surakarta Go Digital.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel menegaskan komitmennya menghadirkan solusi digital membantu perkembangan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui kolaborasi dengan Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta dalam program UMKM Surakarta Go Digital.

"Melalui kerjasama strategis ini, diharapkan akan lebih banyak UMKM di seluruh Indonesia, termasuk di antaranya UMKM di Kota Surakarta, yang dapat merasakan manfaat dari dukungan solusi digital yang disediakan oleh Telkomsel," tutur SVP Enterprise Telkomsel Dharma Simorangkir dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (9/5/2021).

Adapun dukungan yang diberikan Telkomsel kali ini adalah pemberian 1.000 lisensi aplikasi pembukuan digital bersama dengan paket edukasi pelatihan dan pendampingan digital dari aplikasi 99 persen Usahaku, platform layanan berbasis digital untuk pelaku UMKM.

"Semoga kerjasama ini dapat berlangsung dalam jangka panjang, guna mensukseskan implementasi program UMKM Go Digital di Kota Surakarta, sehingga dapat mendorong kemajuan ekonomi lokal," tutur Kepala Dinkop UKM Kota Surakarta, Heri Purwoko.

Sebagai bagian dari akselerasi gaya hidup digital untuk para UMKM, program ini akan berlangsung hingga akhir 2021, baik secara online maupun offline. Kolaborasi ini juga didukung Bank Jateng yang menghadirkan serangkaian edukasi tentang pengelolaan keuangan efisien berbasis digital.

"Ke depannya, platform 99% Usahaku akan menghadirkan berbagai dukungan strategis lainnya bagi para pelaku UMKM, yakni Pinjaman Modal Kerja untuk transaksi di luar produk pulsa dan paket data Telkomsel, layanan procurement yang membantu UMKM melakukan pengadaan secara mudah dan terjangkau, serta layanan marketing untuk membantu pegiat UMKM memperluas jaringan pemasarannya," tutur Dharma menutup pernyataannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fox Logger Gandeng Telkomsel untuk Topang Kinerja GPS Tracker

Sebelumnya, produsen teknologi GPS Fox Logger dengan produk GPS tracker menjalin kemitraan dengan perusahaan telekomunikasi Telkomsel.

Fox Logger menilai keberadaan Telkomsel sangat penting. Pasalnya dengan dukungan jaringan broadband Telkomsel yang luas dan merata di seluruh Indonesia, pengguna Fox Logger bisa mendeteksi dan memantau aktivitas kendaraannya di mana pun.

CEO Fox Logger Alamsyah Cheung mengatakan, pihaknya bersyukur mendapat dukungan Telkomsel.

"Dengan demikian layanan teknologi GPS Fox Logger selalu prima dan menjadi GPS Tracker terbaik di Indonesia," tutur Alamsyah, melalui keterangan yang diterima, Jumat (30/4/2021).

Fox Logger GPS Technology merupakan sistem manajemen transportasi yang memungkinkan pengguna memantau aktivitas kendaraan.

Pemantauan yang dimaksud meliputi jarak tempuh tiap harinya, lokasi parkir, kecepatan, lama kendaraan menyala, pemakaian bahan bakar, hingga keberadaan kendaraan.

Adapun dukungan Telkomsel salah satunya pada keberadaan SIM card yang disematkan di perangkat GPS Tracker Fox Logger.

Dengan jaringan Telkomsel, perusahaan transportasi, leasing, atau logistik bisa memantau keberadaan kendaraannya. 

3 dari 3 halaman

Gratis Internet untuk Dukung GPS Tracker

Pengguna GPS Tracker Fox Logger juga mendapatkan paket bebas data internet selama 6 bulan, hasil kerja sama dengan Telkomsel.

Jika paket habis, pengguna bisa menghubungi Fox Logger untuk mendapatkan paket internet baru untuk 6 bulan berikutnya.

"Para pengguna tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk memantau kendaraannya. Berbekal smartphone, tablet, atau komputer, mereka sudah bisa memastikan di mana posisi kendaraan termasuk kecepatannya. Jika ada pencurian, kendaraan bisa dimatikan, selama terhubung dengan jaringan telekomunikasi," kata Alamsyah.

General Manager SME Sales Management West Area Telkomsel Hasan Kurdi mengatakan, Telkomsel antusias dengan kolaborasi dengan Fox Logger, terutama dalam memperkuat layanan bisnis digital di segmen IoT.

"Kami percaya pengembangan ini akan membuka peluang dalam menghadirkan lebih banyak solusi berbasis digital untuk layanan manajemen logistik," ujar Hasan.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini