YLKI: Vaksinasi Massal Driver Gojek Dinilai akan Lindungi Konsumen

Oleh Arief Rahman Hakim pada 08 Mei 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 08 Mei 2021, 17:00 WIB
Dukung Program Pemerintah, Ribuan Mitra Driver Gojek Ikuti Vaksinasi
Perbesar
Mitra driver melakukan vaksinasi di Kemayoran, Jakarta (29/4/2021). Vaksinasi yang melibatkan puluhan ribu mitra driver di Jakarta merupakan kolaborasi masif Gojek, Halodoc, dan pemerintah untuk mempercepat vaksinasi pada kelompok masyarakat pekerja transportasi. (Liputan6.com/HO/Ading)

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai program vaksinasi Covid-19 massal terhadap mitra driver menjamin keamanan konsumen Gojek.

Pasalnya, mitra driver adalah yang paling sering berinteraksi dengan barang pesanan atau penumpang.

Mengacu pada aspek paling penting, Ketua Pengurus YLKI, Tulus Abadi, menilai keamanan bagi konsumen jadi aspek tersebut dalam layanan jasa transportasi.

”Vaksinasi akan menciptakan rasa aman bagi konsumen karena mitra driver sudah divaksinasi. Syukur-syukur jika konsumennya sudah vaksinasi juga, jadi klop!” ujar Tulus, seperti dalah keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Sabtu (8/5/2021).

Sementara itu, Sekretaris YLKI, Agus Suyatno, mengatakan vaksinasi meningkatkan pandangan positif dari konsumen. Ia menilai hal tersebut sebagai cerminan upaya perlindungan yang dilakukan.

Namun, Agus mengingatkan vaksin bukan menjadikan seseorang kebal terhadap Covid-19. Sehingga setiap pengemudi Gojek harus tetap disiplin dalam menjalankan standar protokol kesehatan (prokes) yang sudah terjadi selama ini.

”Vaksinasi ini salah satu sarana pencegahan. Meskipun ojol sudah divaksin, masyarakat dan ojol tetap harus laksanakan protokol kesehatan,” ungkapnya.

 

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Edukasi

Selain kepada masyarakat dan driver Gojek, Agus juga berpesan kepada pemerintah untuk meningkatkan edukasi terhadap vaksinasi agar perlindungan jadi makin maksimal.

”Vaksinasi itu ibarat helm kendaraan, sebagai pencegahaan risiko kecelakaan,” katanya.

Sebagai informasi, kegiatan vaksinasi massal terbesar dilakukan Gojek di dua lokasi berbeda sejak 29 April 2021 lalu, yakni di Kemayoran, Jakarta Pusat dan WestOne City Cengkareng, Jakarta Barat. Setiap harinya program ini melayani 1.500 dosis vaksin untuk driver.

Lanjutkan Membaca ↓