Sukses

Jeff Bezos Jual Saham Amazon Senilai Rp 28,6 Triliun

Orang terkaya di dunia Jeff Bezos menjual sahamnya di Amazon dengan nilai USD 2 miliar atau sekitar Rp 28,6 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Jeff Bezos menjual saham Amazon dengan nilai sekitar USD 2 miliar (setara Rp 28,6 triliun). Informasi ini berdasarkan pengajuan ke Securities and Exchange Commission yang disusun oleh OpenInsider.

Mengutip CNBC, Kamis (6/5/2021), Jeff Bezos menjual saham Amazon senilai USD 684 juta pada Selasa 4 Mei 2021.

Sebelumnya pada Senin 3 Mei 2021, orang terkaya di dunia ini juga menjual sekitar USD 1,27 miliar saham Amazon. Artinya hanya dalam 2 hari, Bezos menjual saham Amazon dengan nilai hampir USD 2 miliar.

Menurut dokumen pengajuan, transaksi tersebut dilakukan sebagai bagian dari rencana perdagangan yang telah diatur sebelumnya. Sayangnya perwakilan Amazon tidak bersedia memberikan komentar atas penjualan saham Jeff Bezos.

Penjualan ini terjadi satu minggu setelah Amazon melaporkan hasil pendapatan kuartal pertama 2021 yang melampaui ekspektasi Wall Street.

Bisnis Amazon moncer karena didukung lonjakan aktivitas e-commerce yang dipicu pandemi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jual Saham

Jeff Bezos sendiri mempercepat penjualan sahamnya dalam beberapa tahun terakhir. Sebelumnya, Jeff Bezos melepas saham senilai hampir USD 4,1 miliar di bulan Februari 2021.

Selain itu pada November 2020, ia menjual lebih dari USD 3 miliar saham Amazon.

Pendiri Amazon ini mengatakan sebelumnya, dia akan menjual sekitar USD 1 miliar saham Amazon tiap tahun untuk mendanai perusahaan eksplorasi luar angkasa Blue Origin.

Pada Rabu, 5 Mei 2021, Blue Origin mengumumkan akan meluncurkan kru astronaut pertamanya ke luar angkasa pada tahun ini.

3 dari 3 halaman

Dijual untuk Danai Blue Origin dan Amal?

Selain untuk mendanai Blue Origin, Bezos juga mengalokasikan modal tambahan untuk Day One Fund, organisasi amal yang didirikannya pada September 2018.

Organisasi ini berfokus pada pendidikan komunitas berpenghasilan rendah dan memerangi tunawisma.

Pada November 2020, organisasi tersebut memberikan USD 98,5 juta dalam bentuk hibah kepada 32 kelompok.

Inisiatif ini digadang-gadang menjadi fokus Bezos setelah ia mengundurkan diri dari Amazon pada kuartal 3 2021 mendatang.

Jeff Bezos akan menyerahkan estafet kepemimpinan pada CEO AWS Andy Jassy dan mengambil peran sebagai Executive Chairman di Dewan Amazon.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini