Unggah Foto di Twitter Kini Tak Lagi Kena Crop

Oleh Agustinus Mario Damar pada 06 Mei 2021, 12:45 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 12:45 WIB
Twitter, Aplikasi Twitter
Perbesar
Twitter, Aplikasi Twitter. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Liputan6.com, Jakarta - Twitter kembali menghadirkan pembaruan untuk kemampuan mengunggah gambar di aplikasinya. Kini, Twitter memungkinkan pengguna mengunggah gambar dengan ukuran penuh.

Seperti dikutip dari Phone Arena, Kamis (6/5/2021), pengguna Twitter sebelumnya harus memotong (meng-crop) gambar yang ingin diunggahnya ke ukuran 16:9 atau biasanya hal itu akan dilakukan sistem secara otomatis.

Hal itu dilakukan dengan alasan untuk menjaga tampilan di linimasa tetap seragam. Namun kini, Twitter mengumumkan pengguna dapat mengunggah gambar dengan ukuran sebenarnya.

"Perkenalkan gambar yang lebih besar dan bagus di iOS maupun Android, sekarang tersedia untuk seluruh pengguna," tulis Twitter dalam akun resminya.

Sebagai informasi, kemampuan ini memang menjadi salah satu yang diminta para pengguna. Sebab, tidak jarang foto yang diunggah akan terpotong ukurannya saat muncul di linimasa.

Sebelumnya, Twitter juga mengizinkan pengguna mengunggah gambar beresolusi tinggi dari perangkat iOS dan Android. Dengan update ini, gambar yang dilihat bisa lebih tajam dan detail.

Aplikasi Twitter di situs web juga sudah mendukung gambar dengan resolusi tinggi mencapai 4K (4.096x4.096 piksel). Hanya memang untuk aplikasi, resolusi tersebut dibatasi maksimum 2.048 x 2.048 piksel.

Kata Twitter

Aplikasi Twitter
Perbesar
Aplikasi Twitter. Ilustrasi: Dailydot.com

"Waktunya men-tweet gambar beresolusi tinggi, opsi untuk mengunggah dan melihat gambar 4K di Android dan iOS kini tersedia untuk semua pengguna," kata Twitter melalui akun @TwitterSupport.

"Untuk mulai mengunggah dan melihat gambar dalam 4K, update preferensi gambar berkualitas tinggi di Setting bagian 'Data usage'," kata Twitter.

Berdasarkan keterangan Twitter tersebut, untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna perlu masuk ke Pengaturan "Data Usage" pada aplikasi Twitter.

Cara Lihat Gambar dalam Resolusi 4K

Selanjutnya pengguna bisa mengaktifkan "high-quality images" untuk mulai melihat gambar beresolusi 4K dan "high-quality image uploads" untuk mencuitkan gambar dengan kualitas 4K.

Pengguna juga bisa memilih apakah mereka ingin gambar beresolusi tinggi bisa dilihat ketika memakai jaringan seluler dan WiFi, hanya jika terhubung ke WiFi, atau menonaktifkan kedua opsi.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓