Sukses

Sempat Dilarang Regulator, WhatsApp Pay Balik Lagi ke Brasil

Setelah sempat ditangguhkan operasionalnya, WhatsApp Pay kembali diluncurkan di Brasil. Bekerja sama dengan sejumlah bank Brasil, pengguna pun bisa mengirimkan uang semudah kirim pesan.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp kembali meluncurkan layanan pembayaran WhatsApp Pay di Brasil. Layanan pembayaran WhatsApp Pay sempat ditangguhkan oleh Bank Sentral Brasil pada Juni 2020, hanya beberapa hari setelah diluncurkan.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg, mengumumkan kehadiran kembali layanan pembayaran ini dalam sebuah video yang ditayangkan di Brasil.

Dalam video tersebut, Mark Zuckerberg bicara tentang bagaimana informasi pembayaran yang ditambahkan ke WhatsApp akan bisa digunakan di Facebook dan Instagram.

Mengutip The Verge, Rabu (5/5/2021), menurut Head of Facebook Financial, David Marcus, "layanan pembayaran WhatsApp Pay yang kembali digulirkan di Brasil akan menjadi bagian dari upaya peluncuran bertahap."

Tampaknya Facebook serius mengembalikan layanan WhatsApp Pay ke Brasil, salah satunya terlihat dari video yang diunggah untuk mempromosikan layanan pembayaran itu.

Tidak hanya itu, Facebook juga menerbitkan halaman yang menyatakan sistem pembayaran Facebook Pay yang mendasari WhatsApp Pay sudah disahkan oleh Bank Sentral.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ditangguhkan

Sekadar informasi, saat layanan WhatsApp Pay pertama kali diluncurkan di Brasil, bank sentral negara ini menangguhkan operasionalnya. Alasannya, ada kekhawatiran mengenai persaingan di kalangan sistem pembayaran.

Bank Sentral Brasil menyebut, pihaknya berencana mengevaluasi apakah layanan milik Facebook ini sudah sesuai dengan peraturan.

Pihak Facebook saat itu mengatakan telah berkontak dengan otoritas sebelum layanan WhatsApp Pay diluncurkan.

Pada akhir Maret 2021, Reuters melaporkan, Bank Sentral Brasil telah menyetujui layanan ini, setelah Facebook memperoleh persetujuan resmi untuk menjalankan layanan pembayaran.

Dalam siaran pers Facebook, pengguna WhatsApp akan bisa menghubungkan kartu debit, prabayar, atau kombo dari beberapa bank yang bekerja sama untuk memproses pembayarannya.

3 dari 3 halaman

Tentang WhatsApp Pay

Sebelumnya pada 15 Juni 2020, layanan WhatsApp Pay resmi beroperasi di Brasil. Hal itu disampaikan oleh Bos Facebook Mark Zuckerberg melalui laman pribadinya. Brasil menjadi negara pertama tempat WhatsApp Pay diluncurkan secara luas.

"Brasil menjadi negara pertama di dunia, tempat kami luncurkan layanan pembayaran di WhatsApp," kata Zuckerberg.

Dia mengatakan, dengan kehadiran layanan pembayaran WhatsApp Pay di Brasil, pengguna bisa mengirim dan menerima uang semudah kirim foto.

WhatsApp Pay, menurut Zuckerberg, juga diklaim akan mempermudah pelaku bisnis kecil untuk melakukan transaksi keuangan lewat aplikasi pesan itu.

"Untuk memungkinkan transaksi, kami mengembangkan Facebook Pay yang menyediakan langkah aman dan konsisten untuk bisa transaksi antarplatform aplikasi kami," kata Zuckerberg.

Sekadar informasi, Zuckerberg juga menyebut, WhatsApp Pay bisa berjalan berkat kolaborasi dengan sejumlah mitra bank lokal. Mereka termasuk Banco do Brasil, Nubank, Sicredi, dan Cielo, pemroses pembayaran merchant di Brasil.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini