Instagram Stories Bakal Tampilkan Caption Otomatis

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 05 Mei 2021, 15:45 WIB
Diperbarui 05 Mei 2021, 15:45 WIB
Instagram caption
Perbesar
Instagram Stories kehadiran fitur caption otomatis (Foto: Instagram)

Liputan6.com, Jakarta - Instagram bakal menampilkan caption otomatis di unggahan Stories pengguna. Kehadiran caption diakomodasi melalui caption stickers untuk Instagram Stories.

Dengan kehadiran stiker caption ini, Instagram Stories akan secara otomatis menyajikan teks untuk tiap ucapan di video yang diunggah.

Kendati demikian, untuk saat ini, caption sticker baru akan tersedia dalam bahasa Inggris dan negara-negara berbahasa Inggris. Namun pada akhirnya, caption akan diluncurkan ke bahasa dan negara lain.

Mengutip laman The Verge, Rabu (5/5/2021), Instagram menyebut pihaknya juga akan segera menguji teks otomatis di Reels.

Caption otomatis juga telah tersedia di IGTV dan aplikasi Threads. Instagram mengatakan, akan menambahkannya ke Instagram Stories dan Reels unutk membuatnya lebih efisien dan inklusif bagi para pengguna Instagram.

Fitur tersebut menjadi tambahan yang disambut oleh para pengguna tunarungu, memiliki gangguan pendengaran, mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris, atau mereka hanya menonton video tanpa suara.

2 dari 3 halaman

Caption Bisa Diedit

Logo baru Instagram
Perbesar
Logo baru Instagram (Sumber: The Guardian).

Seperti opsi teks lainnya di IG Stories pengguna dapat menyesuaikan gaya dan warna teks caption.

Pengguna juga bisa meng-edit kata satu per satu dalam teks untuk mengkoreksi ejaan, tanda baca, atau kata yang tidak ditranskripkan secara akurat.

Caption otomatis memang jarang memiliki akurasi yang sempurna, terutama untuk orang dengan akses atau ucapan atipikal. Oleh karenanya, pengeditan menjadi hal yang sangat penting.

Saat ini belum ada opsi untuk menyorot caption agar memberikan kontras visual yang lebih baik. Namun, pengguna bisa menggunakan tools gambar atau stiker di belakang teks untuk membuatnya lebih mudah dilihat.

3 dari 3 halaman

Caption di Platform Lainnya

Selain Instagram, platform dan layanan digital lainnya baru-baru ini juga menambahkan atau meningkatkan opsi caption otomatis.

Misalnya Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams yang semuanya menawarkan caption otomatis ketika sedang video call.

Google juga memperluas fitur Live Caption di browser Chrome pada bulan Maret lalu. Sementara, TikTok meluncurkan teks otomatis untuk bahasa Inggris Amerika dan Jepang pada April lalu.

Twitter pun mengumumkan bahwa mereka merencanakan perbaikan untuk caption yang ditawarkan di Spaces. 

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓