Sukses

Dorong Pengembangan Desa Digital, XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Pondok Pesantren

XL Axiata mendonasikan 100 laptop dan akses internet ke 12 pondok pesantren guna mendukung pengembangan Desa Digital.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata mendonasikan 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren di sejumlah daerah. Donasi ini sebagai bagian dari pengembangan program Desa Digital yang diinisiasi sejak 2020.

XL Axiata memilih mendonasikan laptop dan akses internet kepada pesantren karena memandang pesantren merupakan komunitas yang memiliki potensi sebagai penggerak ekonomi di perdesaan.

Dengan donasi ini, perusahaan berharap para santri bisa meningkatkan literasi digitalnya dan mendorong masyarakat perdesaan ikut memanfaatkan sarana digital secara lebih produktif.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, salah satu fokus pemberdayaan masyarakat yang digagas XL Axiata adalah mendigitalkan masyarakat Indonesia.

XL Axiata sudah mengimplementasikan program terkait dengan visi tersebut. Misalnya Sisternet, Laut Nusantara, dan Gerakan Donasi Kuota. XL Axiata sendiri sudah meningkatkan literasi digital ke berbagai kalangan masyarakat sejak 2019.

"Saat ini XL Axiata menargetkan kalangan pesantren untuk menerima program peningkatan literasi digital agar bisa menjadi penggerak ekonomi digital di pedesaan," kata Dian, dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, Rabu (5/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Persiapkan Desa Digital

Ia berharap, dengan mendigitalkan pesantren, akan tumbuh generasi di pedesaan yang lebih siap menghadapi tantangan ke depan.

Dian mengatakan, kehadiran teknologi digital di tengah-tengah masyarakat merupakan bagian dari gerak zaman, yang tidak bisa dihindari, tidak mungkin dilawan, atau dihentikan.

"Agar kita tidak terlindas, maka yang bisa dilakukan adalah menyesuaikan diri dan memanfaatkannya agar membawa kebaikan bagi kita. Saat ini infrastruktur digital sudah tersebar hingga ke pelosok-pelosok pedesaan, dan akan terus meluas agar bisa menjangkau semua penduduk Indonesia," kata Dian.

Dian menyebutkan, donasi yang disalurkan ke berbagai komunitas masyarakat desa ini merupakan bentuk keseriusan XL Axiata menyiapkan desa dalam memasuki era digital.

3 dari 3 halaman

12 Ponpes

Adapun donasi diserahkan ke-12 pondok pesantren, yakni:

  • Pondok Pesantren Al-Huda, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah
  • Pondok Pesantren Ummul Quro’ Assuyuty, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur
  • Pondok Al Mardliyyah, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur
  • Pondok Pesantren Al Huda, Malang Jawa Timur
  • Pondok Pesantren Al Falah, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
  • Pondok Pesantren Al Ikhsan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
  • Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Pondok Ponpes Al Utsmaniyah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  • Pondok Pesantren Al Ashr, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  • Pondok Pesantren Bina Ilmi, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan
  • Pondok Pesantren Insan Quran Mulia, Nusa Tenggara Barat
  • Pondok Pesantren Al Ishlah, Gorontalo

Selain laptop, XL Axiata juga memberikan sarana akses internet. Para penerima donasi juga mendapatkan program lanjutan berupa pelatihan sejumlah keahlian digital. Antara lain terkait cara memanfaatkan media sosial untuk promosi produk, fotografi, serta membuat konten digital yang efektif.

Dalam penyaluran donasi ini, XL Axiata bekerja sama dengan Benihbaik.com. Dalam penyaluran donasi ini, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Mohammad Mahfud MD hadir secara daring dalam acara yang berlangsung Selasa (4/5/2021).

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini