Sukses

Indosat Ooredoo Tambah Kapasitas Jaringan 4G untuk Dukung Silaturahmi Online

Indosat Ooredoo menambah kapasitas jaringan 4G-nya yang berkualitas video (video-grade network) untuk mendukung silaturahmi virtual saat Ramadhan dan Idul Fitri.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi Ramadhan dan Idul Fitri di tengah pandemi selama dua tahun berturut-turut membuat masyarakat harus berlebaran di rumah masing-masing.

Pasalnya, tahun ini pemerintah kembali mengeluarkan larangan mudik sebagai salah satu mencegah gelombang Covid-19.

Silaturahmi pun harus dilakukan secara virtual dengan bantuan internet. Untuk itulah, operator seluler Indosat Ooredoo menambah kapasitas jaringan 4G miliknya menjadi berkualitas video (video-grade network).

Dengan menambah kapasitas jaringan 4G, Indosat Ooredoo ingin memudahkan masyarakat untuk bersilaturahmi virtual dengan keluarga, teman, dan kolega tanpa perlu ke luar rumah.

Indosat Ooredoo sendiri terus mengembangkan kualitas dan kapasitas jaringan di seluruh Indonesia. Tujuannya adalah untuk melayani kebutuhan telekomunikasi pelanggan yang sebagian besar masih bekerja dan bersekolah di rumah, terutama jelang Lebaran.

Data Indosat Ooredoo menyebut, dalam satu tahun terakhir, trafik data tercatat naik sekitar 50 persen di kuartal pertama 2021 dibandingkan perode yang sama tahun lalu. Kecepatan unduh dengan internet Indosat Ooredoo diklaim mengalami peningkatan hampir 50 persen.

Berbekal pengalaman Ramadhan dan Lebaran tahun lalu, Indosat Ooredoo melakukan penanganan khusus terhadap area-area dengan peningkatan trafik tertinggi selama Lebaran, seperti Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Lampung.

Hal ini dilakukan dengan dukungan model operasi digital berbasis Artificial Intelligence dan otomatisasi yang dicanangkan sejak tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kecepatan Internet Indosat Meningkat 6 Persen

Perusahaan berkomitmen bahwa kenaikan trafik telekomunikasi khususnya data akan diimbangi dengan kinerja jaringan 4G berkualitas video yang prima.

Masih berdasarkan data internal Indosat Ooredoo, di awal Ramadhan, kecepatan internet meningkat 6 persen dengan kenaikan trafik data sebesar 8 persen dibanding hari biasa. Selain layanan data, kualitas layanan telepon dan SMS tetap terjaga.

Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha mengatakan, Indosat Ooredoo berkomitmen terus mendukung pemerintah dan masyarakat Indonesia dengan menyediakan produk dan layanan terbaiknya.

"Menjelang Lebaran, kebutuhan telekomunikasi akan makin meningkat meskipun dengan pergerakan terbatas. Kami bertekad menjaga kualitas jaringan agar terus optimal baik di perkotaan maupun perdesaan, karena di masa ini silaturahmi menjadi yang terpenting meskipun dilakukan secara virtual," tutur Vikram Sinha.

3 dari 3 halaman

Jaringan 4G Berkualitas Video

Melihat kebutuhan telekomunikasi pelanggan yang meningkat, Indosat Ooredoo membangun jaringan 4G berkualitas video, jauh lebih cepat dari yang direncanakan.

Lebih dari 50 persen rencana site baru 2021 sudah selesai dibangun di kuartal pertama 2021. Selain itu, lebih dari 32 persen rencana peningkatan kapasitas jaringan dan lebih dari 33 persen rencana fiberisasi berhasil dieksekusi dalam periode yang sama.

Menyoal Ramadhan dan Lebaran, Indosat mulai memantau jaringannya melalui Command Center sejak H-4 Lebaran.

Seluruh site secara nasional akan dimonitor secara khusus melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), dengan dukungan lebih dari 1.600 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.