Sukses

Umumkan Cerai, Ini Cerita Perjalanan Cinta Bill Gates dan Melinda

Bill Gates dan Melinda Gates mengumumkan perceraian setelah menikah selama 27 tahun. Bagaimana keduanya bertemu dan membina rumah tangga?

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan miliarder sekaligus filantropis Bill Gates dan Melinda Gates mengumumkan perceraian setelah 27 tahun menikah.

Dalam pernyataan bersama yang diunggah melalui akun Twitter Bill Gates, pasangan ini mengungkap, mereka akan tetap menjalankan yayasan amal Bill and Melinda Gates Foundation, namun tak bisa lagi bertumbuh sebagai pasangan.

Kabar ini pun menjadi bahan pemberitaan di semua media. Bagaimana tidak, Bill dan Melinda Gates merupakan pasangan harmonis yang selalu terlihat bersama-sama dalam berbagai kesempatan di depan kamera.

Mengutip buku The Moment of Lift karya Melinda Gates, keduanya bertemu di Microsoft yang saat itu masih berbentuk perusahaan software kecil.

Bill Gates merupakan pendiri Microsoft yang cukup disegani bawahannya. Sementara Melinda Gates merupakan satu dari segelintir karyawan perempuan yang bekerja di Microsoft. 

Keduanya bertemu pertama kali di suatu acara perusahaan pada 1987. Saat itu, Melinda Gates menghadiri acara perusahaan di New York dan mengikuti makan malam. Ia bertemu Bill Gates karena tidak sengaja duduk bersebelahan.

Melinda Gates dalam bukunya juga bercerita, setelah makan malam keduanya bercakap-cakap hingga secara tidak sengaja bertemu kembali di parkiran beberapa waktu kemudian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Punya Banyak Kesamaan

Dikisahkan Melinda Gates, Bill Gates langsung memulai obrolan dan mengajak berkencan. Menurut Melinda Gates, ia dengan Bill Gates memiliki banyak kesamaan.

Misalnya keduanya sama-sama suka bersaing dan suka teka teki. Kencan mereka pun diwarnai dengan kontes puzzle dan permainan matematika yang dimenangkan oleh Melinda Gates.

Keduanya juga suka membaca dan memiliki kesukaan musik yang sama.

"Dia membuatku merasa ingin menikah," kata Bill Gates ketika ditanya tentang Melinda Gates.

Keduanya lalu menikah di Hawaii pada tahun baru 1994. Setelah hampir dua tahun menikah, Melinda Gates mengandung anak pertama, dengan masih bekerja di Microsoft.

Namun ia memutuskan untuk berhenti bekerja dari Microsoft setelah kelahiran anak pertamanya, Jennifer Gates.

Akhirnya setelah bekerja di Microsoft dari 1987 hingga 1996, Melinda Gates memutuskan untuk berhenti. Saat itu di Microsoft, Melinda Gates sempat menjabat sebagai General Manager of Information Product.

Seperti kehidupan rumah tangga lainnya, kehidupan rumah tangganya dengan Bill Gates tidak langsung mulus. Melinda Gates juga mengalami kesulitan mengurus rumah tangga sembari melaksanakan tugasnya sebagai ibu. Ia pun meminta bantuan Bill Gates untuk membantu.

3 dari 5 halaman

Bill Gates Antar Putrinya ke Sekolah

Bill Gates yang saat itu seorang pemimpin Microsoft pun mengantarkan putri pertamanya ke TK dan hal tersebut menjadi rutinitasnya sebagai ayah.

Melinda bercerita, gara-gara banyak ayah yang melihat apa yang dilakukan Bill Gates, para ayah pun mulai rutin mengantarkan anaknya.

Tidak hanya mengantar anak, Melinda bercerita, Bill Gates bersedia melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci piring.

Setelah keluar dari Microsoft, Melinda Gates pun mulai lebih aktif mengelola yayasan amal mereka yang didirikan pada 2000. Keduanya menjalankan yayasan tersebut bersama-sama dengan tidak memisahkan peran.

Menurut Melinda Gates, ketika menjalankan yayasan keduanya juga seringkali berselisih paham. "Itu tidak dapat kami hindari, karena kami selalu bersama-sama dalam mengambil keputusan besar..," katanya.

4 dari 5 halaman

Saling Menghargai

Kendati demikian, Melinda Gates mengatakan, jika mereka berdua tidak bisa saling menghargai dan mendengarkan, maka perselisihan kecil bisa menjadi masalah yang besar.

Agar menjadi mitra setara dalam mengelola Bill and Melinda Gates Foundation, keduanya pun bersepakat untuk sama-sama tampil di depan wartawan ketika membicarakan yayasannya.

Itulah sebabnya Bill dan Melinda Gates terlihat selalu bersama di depan kamera. Sayangnya, kebersamaan mereka berdua sebagai pasangan berakhir seiring pengumuman di media sosial bahwa keduanya bercerai.

5 dari 5 halaman

Putuskan Cerai

"Setelah pertimbangan yang matang dan banyak upaya dalam pernikahan kami, kami sepakat untuk mengakhiri pernikahan kami. Selama 27 tahun menikah, kami membesarkan tiga anak luar biasa dan mendirikan sebuah yayasan yang bekerja di seluruh dunia untuk memungkinkan orang mencapai kehidupan produktif dan sehat," katanya.

"Kami akan terus berbagi keyakinan dalam misi itu, dan kami akan bekerja bersama dalam yayasan, namun tidak lagi percaya kami bisa bertumbuh sebagai pasangan dalam fase hidup kami ke depannya," kata keduanya dalam pernyataan.

Bill dan Melinda Gates pun meminta publik agar memberikan ruang dan privasi bagi keluarganya, seiring dengan keduanya saling menjalani kehidupan barunya.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini