Perbandingan Poco F3 dan Vivo X60, Pilih Mana?

Oleh Agustinus Mario Damar pada 04 Mei 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 08:00 WIB
Poco F3 Vivo X60
Perbesar
Tampak Depan Poco F3 dan Vivo X60 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Liputan6.com, Jakarta - Poco baru saja memperkenalkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia, yakni Poco F3. Smartphone ini melanjutkan estafet lini Poco F yang dikenal sebagai smartphone terjangkau dengan spesifikasi kelas wahid.

Oleh sebab itu, Poco F3 yang hadir dengan chipset premium dari Qualcomm yakni Snapdragon 870 dibanderol mulai dari Rp 4,9 juta di Tanah Air. Smartphone ini juga sudah hadir dengan layar E4 AMOLED berukuran 6,67 inci.

Dengan spesifikasi yang dimilikinya, Tekno Liputan6.com pun penasaran membandingkannya dengan perangkat lain di Indonesia yang juga menggunakan Snapdragon 870, yakni Vivo X60.

Namun dalam pembahasan ini, kami tidak akan mengupas secara detail mengenai kemampuan masing-masing smartphone. Sebab, pembahasan Poco F3 maupun Vivo X60 secara lebih dalam akan hadir di artikel lain.

Jadi dalam pembahasan kali ini, kami akan menyorot impresi pertama dari masing-masing perangkat, berikut spesifikasi dan pengalaman yang diberikan. Nah seperti apa? Simak pembahasannya berikut ini.

Desain

Secara desain, Poco F3 dan Vivo X60 hadir dengan susunan komponen yang tidak berbeda jauh. Keduanya menggunakan layar berdesain punch hole di bagian tengah dan panel kamera belakang ada di pojok kiri atas.

Begitu pula dengan port USB Type-C, speaker grill, dan slot kartu SIM yang diletakkan di bagian bawah. Lalu di sisi kanan bodi ada tombol volume dan power, tapi bagian kiri bebas dari tombol.

Deretan port yang ada di Poco F3 dan Vivo X60. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Untuk kesan pertama, keduanya harus diakui memiliki desain memikat. Penampilan Poco F3 dan Vivo X60 jauh dari kesan murah dan terlihat premium.

Terlebih, bagian depan dan belakang kedua smartphone ini sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5 untuk Poco F3, sedangkan Vivo X60 memakai Corning Gorilla Glass 6.

Tampak belakang Poco F3 dan Vivo X60. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Ukuran layar keduanya juga tidak jauh berbeda. Poco F3 memiliki bentang layar AMOLED 6,67 inci dengan refresh rate 120Hz dan Vivo X60 hadir dengan layar AMOLED 6,56 inci yang juga memiliki refresh rate 120Hz.

Saat digunakan untuk sekadar menjelajah internet atau menonton video di YouTube, keduanya terbilang nyaman digenggam, bahkan saat tidak menggunakan casing. Bekas sidik jari pun tidak mudah tertinggal.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi

Poco F3 Vivo X60
Perbesar
Ilustrasi Poco F3 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Seperti yang disebutkan di atas, keduanya hadir dengan Snapdragon 870. Chipset ini jelas menjanjikan performa mumpuni, mengingat salah satu chipset premium dari Snapdragon.

Untuk varian Poco F3 yang kami terima, smartphone ini hadir dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB. Sementara Vivo X60 hadir dengan RAM 8GB yang dipadukan memori internal 128GB.

Sebagai penopang performanya, ada baterai 4.520mAh di Poco F3 dan Vivo X60 memiliki baterai berkapasitas 4.200mAh. Keduanya juga sudah mendukung fitur fast charging 33W.

Dari impreasi awal kami, kedua smartphone ini harus diakui mampu memberikan pengalaman smartphone yang cepat dan mumpuni. Saat berpindah aplikasi berbeda, kami tidak merasakan ada masalah dan terasa sangat mulus.

Ilustrasi Vivo X60. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Begitu pula dengan kemampuan fast charging keduanya. Pengalaman mengisi daya di kedua smartphone juga impresif, dengan waktu pengisian dari 20 persen ke 100 persen kami perkirakan tak sampai satu jam.

Hanya untuk pengalaman keamanan biometrik, Vivo X60 sudah menggunakan pemindai sidik jari di layar. Sementara Poco F3 masih memakai tombol fisik yang juga berfungsi sebagai tombol power. 

3 dari 4 halaman

Kamera

Poco F3 Vivo X60
Perbesar
Kamera belakang Poco F3. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Kebutuhan fotografi Poco F3 diserahkan kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 48MP, lensa ultra-wide 8MP, dan lensa telemakro 5MP. Sementara untuk selfie, ada kamera depan dengan lensa berersolusi 20MP.

Adapun Vivo X60 hadir dengan kamera belakang dengan lensa utama 48MP, lensa telephoto 13MP, dan lensa ultra-wide 13MP. Lalu untuk selfie, ada kamera depan 32MP.

Kamera belakang Vivo X60. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Kami tidak akan membahas secara detail kemampuan kamera keduanya, mengingat hal itu akan dibahas di artikel berbeda. Namun sebagai gambaran, berikut ini ada beberapa hasil tangkapan kamera Poco F3 dan Vivo X60.

Hasil Foto Poco F3

Hasil foto Poco F3. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil foto Poco F3. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil foto Poco F3. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil foto Poco F3. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil Foto Vivo X60

Hasil foto Vivo X60 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil foto Vivo X60 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil foto Vivo X60 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil foto Vivo X60 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Poco F3 dan Vivo X60
Perbesar
Vivo X60 dan Poco F3. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Dengan impresi awal yang kami terima dari Poco F3 dan Vivo X60, kedua smartphone berhasil memberikan pengalaman penggunaan yang menyenangkan. Baik dari sisi desain maupun performa.

Hanya dengan perbedaan harga sekitar Rp 2,5 jutaan, jelas ada keunggulan maupun kelemahan yang ditawarkan masing-masing smartphone.

Sebagai informasi, Poco F3 dibanderol dengan harga Rp 4,9 juta untuk varian rendahnya dan varian tinggi dibanderol Rp 5,4 juta, sedangkan Vivo X60 dijual hampir Rp 8 juta.

Untuk Poco F3, kami merasa smartphone ini memang menyasar pengguna yang sangat memerhatikan soal performa. Sebab, smartphone ini hadir dengan spesifikasi yang mumpuni.

Oleh sebab itu, absennya pemindai sidik jari di layar dan digantikan dengan tombol fisik mungkin tidak akan terlalu bermasalah.

Sementara untuk Vivo X60, kami merasa smartphone ini bisa menjadi pilihan untuk pengguna yang menitikberatkan pada fotografi mobile.

Hal itu bukannya tanpa alasan, mengingat kamera perangkat ini dikembangkan Vivo bersama dengan pembesut lensa kenamaan Zeiss.

Namun seperti yang kami sebutkan, kesimpulan ini berdasarkan impresi awal kami mengenai Poco F3 dan Vivo X60. Mengenai kemampuan menyeluruh masing-masing smartphone, kami akan membahasnya di artikel berbeda.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin mengetahui pembahasan lebih lanjut mengenai keduanya dapat menunggu artikel berikutnya di Tekno Liputan6.com. Nah tapi bagaimana dengan kamu, pilih Poco F3 atau Vivo X60?

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓