Bocah 'Disaster Girl' Jual Meme Seharga Rp 7,2 Miliar

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 01 Mei 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 01 Mei 2021, 08:00 WIB
5 Meme Lucu Minta THR Saat Lebaran Ini Bikin Geleng Kepala
Perbesar
Foto Zoe Roth si "Disaster Girl" yang banyak dipakai sebagai meme di internet. (sumber foto: Instagram.com/dagelan).

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah meme viral di internet baru saja laris terjual dengan harga fantastis. Meme yang dimaksud adalah foto seorang gadis kecil bernama Zoe Roth atau dikenal sebagai "Disaster Girl".

Dijuluki Disaster Girl karena dalam meme viral tersebut, Zoe Roth tampak menyeringai ke arah kamera sementara di belakangnya ada sebuah rumah yang tengah terbakar. Foto tersebut rupanya dijepret oleh sang ayah pada 2005.

Mengutip The Verge, Sabtu (1/5/2021), foto asli dari meme yang banyak beredar di internet itu terjual sebagai karya NTF (non-fungible token) dengan harga USD 180 Ether atau setara USD 500 ribu (sekitar Rp 7,2 miliar).

NFT memungkinkan seseorang untuk membeli dan menjual kepemilikan item digital yang unik serta melacak siapa pemilik item menggunakan blockchain.

NFT sendiri bisa berupa berbagai item, seperti lukisan, GIF animasi, lagu, atau item dari video gim.

Dalam wawancaranya dengan The New York Times, Zoe Roth mengatakan, dia akan memakai uang hasil jual meme itu untuk membayar pinjaman mahasiswanya dan sebagian akan didonasikan.

2 dari 3 halaman

Siapa Pembelinya?

Zoe Roth tetap mempertahankan 10 persen hak cipta atas foto tersebut dan akan mendapatkan 10 persen dari tiap penjualan foto tersebut di masa depan.

Meme NFT milik Zoe Roth pun dibeli oleh 3F Music, sebuah studio musik yang berada di Dubai. Studio musik ini juga membeli beberapa item NFT lain yakni Overly Attached Girlfriend seharga USD 411 ribu (Rp 5,9 miliar) dan kolom meta-NFT milik The New York Times seharga USD 560 ribu (Rp 8 miliar).

Dalam pernyataannya, 3F Music menjelaskan tentang pembelian meme dalam bentuk NFT itu.

"Tim manajemen kami selalu bekerja sama dengan beberapa penasihat seni yang memiliki pengetahuan dan pengalaman, dan percaya bahwa kami harus tumbuh dengan gerakan teknologi yang membantu kami tidak hanya untuk promosi bisnis tetapi juga mendukung seniman," kata pihak 3F Music.

3 dari 3 halaman

Bukan Meme Pertama yang Dijual dengan Harga Mahal

Sekadar informasi, Zoe Roth bukan bintang meme pertama yang memanfaatkan fotonya yang viral dalam karya seni NFT sebagai sumber uang.

Sebelumnya Chris Torres selaku pencipta Nyan Cat menjual sebuah karya NFT berbentuk kucing berbadan pelangi seharga USD 600 ribu.

Sejak itu Torres bekerja sama dengan pembesut meme lain seperti Kyle Craven untuk membantu mereka mendapatkan keuntungan.

(Tin/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓