Sukses

Xiaomi Jadi Vendor Pertama yang Pakai Kamera 200MP Buatan Samsung

Leakster kenamaan di industri smartphone mengungkap, Xiaomi akan menjadi vendor pertama yang pakai sensor 200MP ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah vendor teknologi di dunia saat ini sedang berlomba-lomba mengembangkan smartphone dengan kemampuan kamera terbaiknya.

Salah satu yang sedang giat mengembangkan teknologi kamera dan sensor di smartphone adalah Samsung.

Hal ini diketahui ketika Samsung mengunggah sebuah status, dan video memperlihatkan sensor kamera 200MP bersama dengan lima sensor lainnya di akun Twitter-nya.

Walau masih dikembangkan, Digital Chat Station, leakster kenamaan di industri ini mengungkap, Xiaomi akan menjadi vendor pertama yang pakai sensor 200MP ini.

Sayang, Digital Chat Station tidak memberitahu kapan atau smartphone Xiaomi seri apa yang akan menggunakan sensor buatan Samsung tersebut.

Leakster lainnya, Ice Universe, mengatakan sensor 200MP ini akan memiliki piksel 0.64 µm. Demikian yang dikutip dari GSM Arena, Kamis (29/4/2021).

Sebelumnya, beredar laporan sensor kamera 200MP ini akan memiliki format optik 1/1.37", jadi lebih kecil dari GN2 (1/1.12"), dan ukurannya hampir sama dengan sensor 108MP terbaru, HM3 (1/1.33", 0.8 µm).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknologi Binning

Lebih lanjut, Ice Universe juga sempat melaporkan Samsung akan segera merilis sensor kamera ISOCELL dengan resolusi yang sangat besar.

Sensor kamera ini akan menggunakan teknik photo binning. Artinya pada kondisi cahaya redup, kamera akan mengambil foto berukuran 50MP atau 12,5MP.

Kemudian, teknologi binning akan memperkecil resolusi untuk mengambil foto yang lebih jelas

Tidak hanya itu, fitur lain dari sensor S5KGND 200MP milik Sansung adalah CMOS dengan dual native ISO, dukungan output video 16K, dan fokus quad-core.

 

3 dari 3 halaman

Bocoran 200MP

Menurut laporan sebelumnya, smartphone produksi Tiongkok ZTE Axoan 30 Pro dilaporkan akan menjadi smartphone dengan kamera 200MP.

Berdasarkan sebuah bocoran, lensa kamera 200MP itu menggunakan sensor S5KGND dengan ukuran sensor 1/1/37", ukuran piksel 1,28um, dan ukuran fokus piksel 0,64um.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.