Sukses

Daftar 18 Saluran Disney yang Tutup Mulai 1 Oktober 2021

Disney memutuskan untuk menutup 18 channels (saluran) di Asia Tenggara dan Hong Kong mulai 1 Oktober 2021. Berikut daftar lengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta - Disney memutuskan untuk menutup 18 channels (saluran) di Asia Tenggara dan Hong Kong mulai 1 Oktober 2021. Ini merupakan langkah yang akan berdampak besar pada seluruh rantai pasokan hiburan televisi di wilayah tersebut.

Adapun daftar 18 saluran Disney yang akan ditutup di wilayah Asia Tenggara dan Hong Kong, antara lain:

- Saluran hiburan: Fox, Fox Crime, Fox Life dan FX

- Saluran film: Fox Action Movies, Fox Family Movies, Fox Movies & Star Movies China

- Saluran olahraga: Fox Sports, Fox Sports 2, Fox Sports 3, Star Sports 1, Star Sports 2

- Saluran anak-anak: Disney Channel dan Disney Junior

- Saluran musik: V Channel

- Saluran faktual: Nat Geo People dan SCM Legend

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan Disney

Perusahaan menuturkan ini merupakan bagian dari upaya global The Walt Disney Company untuk beralih ke model D2Cfirst (direct-to-consumer-first model) dan selanjutnya mengembangkan layanan streaming. 

Disney menambahkan bakal mengonsolidasikan bisnis Jaringan Media utamanya di Asia Tenggara dan Hong Kong.

"Upaya ini akan membantu bisnis menyelaraskan sumber daya secara lebih efisien dan efektif dengan kebutuhan bisnis saat ini dan masa depan," ucap Disney menambahkan.

Perusahaan belum mengungkapkan struktur kepegawaian yang baru atau berapa banyak orang yang akan terdampak sebagai akibat dari keputusan untuk fokus pada bisnis langsung ke konsumen.

Diwartakan Variety, Rabu (28/4/2021), dengan keputusan ini hanya akan ada empat layanan yang tersisa, di mana sebelumnya Disney memiliki kekuatan pemrograman linier paling kuat di wilayah tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Layanan Streaming Disney

Untuk diketahui, layanan streaming video Disney Plus, saat ini tersedia di dua pasar Asia Tenggara: Singapura pada Februari 2020 dan Indonesia pada September 2020.

Disney menegaskan akan terus meluncurkan layanan streaming miliknya tersebut di lebih banyak pasar di Asia Tenggara, termasuk Hong Kong, pada 2021. Rencana peluncuran di Malaysia awal tahun ini dihentikan sementara.

Disney Plus hadir di 59 pasar di seluruh dunia dan secara total telah melampaui 100 juta pelanggan berbayar.

(Isk/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini