Sukses

Tips Cegah Smartphone Overheat Selama Pemakaian

Berikut ini adalah sejumlah tips untuk mencegah smartphone mengalami panas berlebih saat digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone tidak dimungkiri telah menjadi bagian dari kehidupan penggunanya. Karenanya, tidak jarang ada beberapa dari kita yang merasa kurang ketika tidak membawa smartphone.

Terlebih di bulan Ramadhan saat ini, smartphone kerap menjadi andalan untuk sejumlah kegiatan. Mulai dari mengambil foto saat momen sahur, berbuka, termasuk merekam kegiatan selama bulan ini.

Tidak hanya itu, smartphone juga kerap dipakai untuk bermain gim saat menunggu waktu berbuka atau di kala senggang. Dengan beragam aktivitas tersebut, smartphone beberapa kali jelas mengalami panas berlebih.

Meski dapat mengalami overheat, sebenarnya ada beberapa langkah untuk mencegah hal itu terjadi di smartphone-mu. Untuk mengetahui, cek beberapa tips berikut ini.

Istirahatkan Smartphone

Ucapkan selamat tinggal sementara pada media sosial-mu dan biarkan smartphone beristirahat. Cara ini setidaknya bisa mendinginkan smartphone, karena cahaya lampu di layar tidak menyala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Simpan di tempat Teduh

Hindari menaruh smartphone di bawah sinar Matahari secara langsung, terutama di siang hari yang sangat panas. Smartphone rentan terhadap cuaca dan akan mati secara otomatis setelah suhu internal mencapai titk tertentu.

Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Semakin tinggi tingkat kecerahan layar smartphone, semakin banyak pula kapasitas daya baterai yang diperlukan. Hal ini tentu berimbas pada penggunaan energi yang besar, sehingga menyebabkan panas di bodi smartphone.

3 dari 3 halaman

Tutup Aplikasi Gim

Membuka gim mobile biasnya menguras lebih banyak daya baterai. Karenanya, jjika aktivitas ini dilakukan dalam waktu lama kemungkinan bisa menyebabkan kinerja prosesor smartphone menjadi berat dan panas.

Di sisi lain, sejumlah smartphone juga sudah dibekali dengan sistem pendingin. Salah satunya dihadirkan di Oppo Reno5 F lewat teknologi multi-cooling system.

Lewat teknologi ini, efisiensi pembuangan panas bisa meningkat hingga 30 persen akibat pemakaian aplikasi berat dalam waktu lama. Sebab, teknologi ini mampu membaca dan menganalisa data dari sensor suhu yang terletak di bagian dalam.

Selain itu, perangkat ini juga memiliki pengontrol yang dapat menyeimbangkan dengan kinerja smartphone berdasarkan skenario penggunaan sehari-hari.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.