Sukses

Apple Akhirnya Gulirkan iOS 14.5, iPadOS 14.5, dan watchOS 7.4

Apple akhirnya mulai menggulirkan pembaruan software untuk perangkat iPhone, iPad, dan Apple Watch.

Liputan6.com, Jakarta - Apple akhirnya mulai menggulirkan update terbaru untuk perangkat besutannya, lewat kehadiran iOS 14.5, iPadOS 14.5, dan watchOS 7.4. Dalam update kali ini, Apple menghadirkan sejumlah pembaruan fitur.

Salah satu fitur iOS 14.5 seperti dikutip dari GSM Arena, Selasa (27/4/2021), adalah kemampuan membuka iPhone dengan memanfaatkan Apple Watch saat pengguna memakai masker, sehingga prosesnya lebih cepat.

Fitur yang diberi nama 'Unlock with Apple Watch' ini kini sudah bisa ditemukan di menu pengaturan iPhone. Namun untuk melakukannya, pengguna juga perlu memperbarui sistem operasi Apple Watch miliknya menjadi watchOS 7.4.

Fitur lain yang juga tidak kalah penting hadir dalam pembaruan ini adalah App Tracking Transparency. Sesuai namanya, pengguna sekarang dapat memberi izin apakah sebuah aplikasi dapat melacak aktivitasnya atau tidak.

Tidak hanya itu, iOS 14.5 kini mendukung pula aksesoris AirTag yang baru saja diperkenalkan. Untuk Siri, Apple juga menghadirkan opsi suara baru dengan 14 suara berbeda tergantung wilayah dan gender.

Update kali ini juga menghadirkan kemampuan kalibrasi baterai lebih baik, sehingga informasi soal kesehatan baterai lebih akurat. Hanya perlu diketahui, fitur ini hanya berlaku untuk lini iPhone 11 ke atas.

Peningkatan lain yang juga hadir iOS anyar ini adalah emoji baru, kemampuan berbagi lirik di Apple Music, aplikasi Podcast baru, tampilan aplikasi News yang diperbarui, hingga dukungan kontroler PlayStation 5 dan Xbox Series X/S.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur App Tracking Transparency di iOS 14.5

Pasca mengharuskan berbagai aplikasi yang tersedia di App Store untuk melengkapi detail privasinya, kini Apple merinci fitur App Tracking Transparency-nya.

Secara sederhana, fitur yang tersedia di iOS 14.5 itu memungkinkan pengguna untuk memberikan izin lokasi atau tidak ketika aplikasi pertama dibuka.

Melalui fitur tersebut, pengguna akan mampu mengatur terkait kemungkinan pelacakan yang dilakukan oleh aplikasi yang digunakan.

Dikutip dari Apple Insider, Selasa (27/4/2021), dalam video mengenai detail App Tracking Transparency tersebut, Apple meminta semua aplikasi untuk menyetujui aturan fitur ini.

3 dari 3 halaman

Cara Pakai Fitur App Tracking

Setelah update ke iOS 14.5 dan membuka aplikasi, akan muncul notifikasi bagi pengguna untuk memilih izinkan pelacakan atau menolaknya.

Bagi pengguna yang tidak ingin mendapati notifikasi sejenis ketika membuka aplikasi, hal itu bisa diubah melalui pengaturan dan menyetel semuanya ke Settings  dengan ‘do not track’.

Untuk menonaktifkannya, masuk ke ‘Settings’, lalu pilih ‘Privacy’. Selanjutnya, pilih ‘Tracking’ dan nonaktifkan pilihan ‘Allow Apps to Request to Track’.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini