Putar Lagu dan Podcast dari Spotify Kini Bisa Langsung di Facebook

Oleh Agustinus Mario Damar pada 27 Apr 2021, 14:18 WIB
Diperbarui 27 Apr 2021, 14:18 WIB
Spotify
Perbesar
Kehadiran fitur miniplayer Spotify yang kini bisa diakses langsung dari aplikasi Facebook. (Foto: Spotify)

Liputan6.com, Jakarta - Spotify baru saja menghadirkan fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Kali ini, fitur yang diperkenalkan adalah miniplayer yang memungkinkan pengguna menikmati konten audio dari Spotify langsung di Facebook.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (27/4/2021), fitur ini tersedia di sejumlah negara, termasuk di Indonesia. Adapun fitur ini dapat dimanfaatkan pengguna Spotify Premium termasuk pengguna gratis mendengarkan konten di aplikasi Facebook versi iOS maupun Android.

Sama seperti di aplikasi, pengguna Spotify Premium nantinya bisa mengakses seluruh fungsi playback. Sementara pengguna gratis dapat menikmati pengalaman serupa, tapi dengan mode shuffle dan kehadiran iklan.

Tidak hanya itu, fitur miniplayer Spotify ini nantinya dapat diakses melalui konten yang dibagikan orang lain di laman Facebook News Feed. Selain dari pengguna Facebook lainnya, unggahan dari artis terverifikasi juga mendukung fitur ini.

Melaui kehadiran fitur ini, Spotify mengatakan para artis dan kreator bisa terhubung dengan lebih banyak penggemar. Untuk mengetahui seperti apa cara memutar fitur miniplayer di Facebook, berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Ketuk tombol 'Play' pada lagu yang dibagikan kamu, teman, keluarga, atau kreator favorit dari Spotify ke Facebook News Feed.
  2. Saat pertama kali memakai fitur miniplayer, ada notifikasi yang meminta persetujuan. Pilih Connect untuk melanjutkan.
  3. Jika sudah login ke akun Spotify, layar kamu akan secara otomatis kembali ke aplikasi Facebook dan lagu mulai diputar dari miniplayer.
  4. Spotify akan tetap memainkan lagu yang diputar, sembari kamu tetap menjelajahi layar News Feed.
2 dari 3 halaman

Facebook Gandeng Spotify untuk Garap Project Boombox

Aplikasi Spotify
Perbesar
Aplikasi Spotify. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Kehadiran fitur ini sebenarnya sudah sempat diketahui beberapa hari lalu. Ketika itu, ada laporan yang menyebut   perusahaan disebut mempersiapkan fitur yang memungkinkan pengguna mengakses musik dan podcast Spotify langsung dari aplikasi Facebook.

Adapun fitur kolaborasi Facebook dengan Spotify itu diberi nama Project Boombox. Dikutip dari Tech Crunch, Kamis (22/4/2021), pengguna nantinya bisa memutar lagu atau mendengarkan playlist Spotify tanpa meninggalkan aplikasi.

Dari sumber dekat dengan Spotify, fitur yang akan dihadirkan ini akan menerima dukungan lagu dan podcast.

Setelah dilakukan uji coba di Thailand dan Meksiko, Project Boombox ini diharapkan akan hadir untuk pengguna di Amerika Serikat sekitar sepekan mendatang.

“Kami pikir audio akan menjadi media kelas satu dan ada semua produk berbeda yang akan dibangun di seluruh spektrum ini,” kata CEO Facebook, Mark Zuckerberg dalam podcast bersama Casey Newton.

3 dari 3 halaman

Kembangkan Fitur dan Layanan di Facebook

Seperti diketahui, Facebook tengah memberikan perhatian berlebih untuk menghadirkan fitur yang mendukung audio di platform aplikasinya.

“Tentu saja, ini mencakup beberapa area yang populer baru-baru ini seperti podcasting dan jenis ruang audio langsung seperti ini, tetapi saya juga berpikir ada beberapa hal menarik yang belum dieksplorasi di area tersebut secara keseluruhan,” tutur Zuckerberg.

Bukan kali pertama Spotify melakukan kerja sama dengan Facebook. Sebelumnya, Spotify juga sudah menghadirkan fitu yang memungkinkan pengguna untuk men-share musik atau podcast ke Instagram Stories dan Facebook Stories.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓