Sukses

Mengenal Gim Pertama di Dunia dan Siapa Pembuatnya

Lebih dari 63 tahun yang lalu, sebelum ada area arcade (atau dingdong) atau konsol gim rumahan, gamer harus mengantre di Brookhaven National Laboratory untuk bermain gim.

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum era gim Super Mario Bros, Metal Gear Solid, FIFA, hingga GTA 5, banyak orang rela mengantre bermain gim di arena arcade atau tempat nongkrong populer lainnya.

Lebih dari 63 tahun yang lalu, sebelum ada area arcade (atau dingdong) atau konsol gim rumahan, gamer harus mengantre di Brookhaven National Laboratory untuk bermain gim.

Perangkat gim pertama di dunia jauh dari bentuk konsol, pc, atau smartphone yang lebih ringkas. (Doc: bugsplat.com)

Pada musim gugur Oktober 1958, fisikawan nuklir, Dr. William “Willy” Higinbotham, menyiapkan sesuatu yang istimewa untuk para pengunjung pameran.

Agar menarik bagi pengunjung dan memperlihatkan teknologi yang digunakan di lab, pria yang akrab dipanggil Willy ini membuat sebuah gim unik.

Dr. William “Willy” Higinbotham, kreator gim pertama di dunia. (Doc: bugsplat.com)

Debut pada 18 Oktober 1958, gim berjudul "Tennis for Two" buatan Higinbotham ini menjadi gim pertama di dunia dan cikal bakal dari gim modern saat ini.

Saat pertama kali dipertunjukkan, ada dua orang bermain gim itu berbekal kontroler terpisah yang terhubung ke komputer analog menggunakan osiloskop sebagai layar.

Layar berukuran 5 inci untuk main gim Tennis for Two. (Doc: gbatemp.net)

Dalam sisi gameplay, Tennis for Two memang sangat standar dalam skala gim modern saat ini. Saat diperkenalkan, gim ini tampil di sebuah layar berukuran dengan "gambar" lapangan tenis dan jaring di tengahnya.

Satu-satunya bagian dari permainan yang bergerak adalah bola cahaya yang dipantulkan bolak-balik melewati net.

Bentuk mesin gim Tennis for Two buatan Dr. William “Willy” Higinbotham. (Doc: bugsplat.com)

Sontak, ciptaan William ini langsung menjadi pusat perhatian ratusan pengunjung pameran penasaran dan ingin mencoba secara langsung oleh banyak pihak sebagai gim pertama di dunia.

Baru pada tahun berikutnya, William menyempurnakan konsep Tennis for Two ini dengan menggunakan layar yang lebih besar dan memberi pemain opsi untuk menyesuaikan "gravitasi" di dalam gim.

Tak lama kemudian, perangkat untuk memainkan gim ini pun terpaksa dibongkar dan bagian-bagiannya dipakai kembali untuk proyek lain.

Skematik rancangan perangkat gim pertama di dunia. (Doc: bugsplat.com)

Berhubung Higinbotham adalah pegawai pemerintah federal dan tidak memiliki apa pun yang dibuat, dia tidak berkesempatan untuk mengajukan paten untuk ciptaannya.

Selain itu, masih banyak perdebatan tentang apakah "Tennis for Two" ini memang benar-benar gim pertama di dunia.

Bentuk kontroler untuk bermain gim pertama di dunia. (Doc: videogamehistorian.wordpress.com)

Selain gim buatan Higinbotham, ada tiga gim lainnya yang diklaim sebagai gim pertama di dunia, yaitu Cathode-Ray Amusement Device (dipatenkan pada 1948) dan simulasi catur buatan Alan Turing, yakni Turochamp.

Terakhir adalah gim simulasi tic-tac-toe berjudul OXO yang muncul pada 1952.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.