Samsung Gelar Seminar Technical 2021, Pamerkan Teknologi Layar Terkini di Produk Televisi

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 22 Apr 2021, 13:11 WIB
Diperbarui 22 Apr 2021, 13:11 WIB
Televisi NeoQLED terbaru Samsung
Perbesar
Televisi pintar NeoQLED terbaru Samsung (Foto: Samsung Electronics).

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics menggelar Technical Seminar 2021 secara online, Kamis (22/4/2021). Lewat seminar ini, produsen TV pemimpin pasar selama 15 tahun berturut-turut ini memamerkan berbagai teknologi, fitur, dan inovasi pada produk terbarunya.

Perlu diketahui, Tech Seminar Samsung telah menjadi platform yang unit untuk menampilkan berbagai inovasi yang lebih mendetail dan experience ekslusif yang diberikan kepada media teknologi dari seluruh dunia, sebelum dilakukan peluncuran dan pendistribusian produk secara global.

Seminar kali ini merupakan event virtual kedua dengan peserta dari delapan kawasan berbeda.

Dalam seminar ini diungkapkan, produk-produk layar dan monitor terbaru Samsung di 2021 diperkuat dengan hardware dan software canggih yang memang dirancang untuk menghasilkan pengalaman menonton yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Executive Vice President, Visual Display Business, Samsung Electronics Indonesia, Simon Ilkyung Sung, mengatakan, terobosan teknologi yang dihadirkan NeoQLED (salah satu produk Samsung di 2021) memperlihatkan apa yang dicapai dengan inovasi Samsung.

"Kami bersemangat mempersembahkan inovasi layar terbaru yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen dan kami berharap konsumen terus menikmati produk kami," tutur Sung.

2 dari 3 halaman

Berbagai Inovasi Teknologi Samsung

Televisi MicroLED Samsung
Perbesar
Televisi pintar terbaru Samsung MicroLED (Foto: Samsung Electronics).

Teknologi untuk televisi misalnya, dengan kehadiran Quantum HDR yang membuat tampilan televisi lebih jernih, warna lebih vivid, cerah, dan jangkauan warna lebih luas.

Teknologi lain yang juga diperkenalkan diproduk televisi terbaru Samsung adalah Quantum Matric Technology Pro yang membuat menonton televisi seperti menyaksikan langsung.

Pasalnya dalam Quantum Matrix Technology Pro layar disokong dengan Mini LEDs yang mampu menghasilkan kontras lebih baik berkat warna hitam yang lebih gelap/pekat dan ketika terang, tingkat kecerahan yang dihasilkan 1,5 kali lebih terang dibandingkan pada teknologi sebelumnya.

Salah satu imbas dari teknologi Quantum Matrix Technology Pro adalah ketika adegan di televisi berlatar gelap seperti adegan malam hari, tampilan yang dihasilkan lebih jelas. Hal ini karena teknologi ini membuat warna gelap menjadi lebih gelap sehingga warna yang dikeluarkan lebih terlihat.

3 dari 3 halaman

Sokongan AI di Neo Quantum Processor

Selain itu, televisi pintar terbaru Samsung juga sudah disokong dengan Neo Quantum Processor 4K dan 8K yang didukung dengan kecerdasan buatan (AI).

Samsung mengklaim, prosesor ini mampu menampilkan detail visual yang membuat penonton tidak seperti menonton dari layar televisi, melainkan menyaksikan langsung di tempat.

Prosesor ini juga didukung peningkatan kinerja AI menjadi 16 neural network. Hal ini berimbas pada resolusi gambar yang lebih besar dan detail, apa pun sumber inputnya, baik itu dari streaming, YouTube, dan lainnya.

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online