Oppo Rilis A74 5G, Smartphone 5G Termurah di Indonesia

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 21 Apr 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 18:30 WIB
Oppo A74 5G
Perbesar
Tampilan layar Oppo A74 5G (Foto: Oppo Indonesia)

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Indonesia merilis smartphone 5G paling terjangkau di Tanah Air, yakni Oppo A74 5G. Perangkat ini adalah bukti kesiapan Oppo Indonesia menghadirkan perangkat 5G untuk mendukung ekosistem 5G.

Perangkat A74 5G dibanderol seharga Rp 3.699.000 dan akan mulai dijual online hanya di Shopee pada 23 April 2021.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto mengatakan, Oppo A74 5G menjadi perangkat lini seri A pertama yang dilengkapi jaringan 5G.

"Perangkat ini juga smartphone pertama yang mengusung prosesor Snapdragon 480 5G di Indonesia," kata Aryo dalam 5G Academy, Rabu (21/4/2021).

"Melalui peluncuran smartphone ini, kami menegaskan komitmen perusahaan untuk mendukung ekosistem 5G di Indonesia sekaligus mempertegas Oppo sebagai pionir teknologi 5G di Tanah Air."

Seperti disebutkan, Oppo A74 5G didukung dengan prosesor Snapdragon 480 5G yang diklaim menghadirkan peningkatan 100 persen dibanding prosesor generasi sebelumnya.

Perangkat ini didukung arsitektur 2x2.0GHz ARM Cortex-A76 CPU dan 6x1.8GHz ARM Cortex-A55.

Untuk sektor grafis, A74 5G dilengkapi GPU Adreno 619. Keberadaan prosesor ini membuat Oppo A74 5G dapat mengunduh film atau file hanya dalam hitungan detik.

Dengan dukungan mode ganda 5G, Oppo A75 5G mendukung jaringan stand-alone (SA) dan non-stanalone (NSA) sehingga memudahkan pengguna untuk tetap memakai smartphone setelah operator beralih ke jaringan SA tanpa perlu ganti perangkat.

2 dari 4 halaman

Dukungan Baterai 5.000mAh

Oppo A74 5G
Perbesar
Oppo A74 5G (Foto: Oppo Indonesia)

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna, Oppo A74 5G dilengkapi baterai 5.000mAh dengan fast charging 18W. Dengan fast charging tersebut, perangkat ini bisa terisi 68 persen dalam 60 menit.

Perangkat ini diklaim mampu digunakan untuk kebutuhan normal selama satu setengah hari.

Perangkat A74 5G juga didukung fitur Battery Guard yang menyesuaikan pengisian daya verdasarkan kebiasaan tidur pengguna dan memastikan smartphone tidak panas saat diisi daya.

Oppo A74 5G juga didukung All-arround Smart Power Saving untuk membantu penghematan daya. Dengan Super Power Saving Mode, smartphone ini bisa menerapkan strategi penghematan daya termasuk menyesuaikan lampu latar, mengurangi penggunaan CPU, dan menerapkan opsi manajemen daya.

Tak lupa, ketika malam hari perangkat ini juga bisa mendukung Super Nighttime Standby, yang mempelajari kebiasaan tidur pengguna, sehingga hanya 2 persen daya yang dikonsumsi ketika malam hari.

Oppo A74 5G juga didukung Multi-Cooling System untuk membuat pembuangan panas lebih efisien sekaligus memungkinkan smartphone mengontrol suhu secara mandiri.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Fisik

Oppo A74 5G dan Oppo A74
Perbesar
Oppo A74 5G dan Oppo A74 (Foto: Oppo Indonesia).

Bicara spesifikasi fisik, Oppo A74 5G hadir dengan layar 6,49 inci beresolusi FHD dengan refresh rate 90Hz. Perangkat ini memiliki punch hole untuk menempatkan kamera selfie.

Layar perangkat didukung dengan fitur All-day Eye Comfort untuk mengurangi sinar biru di layar untuk mencegah ketegangan pada mata.

Dukungan teknologi lain di layar adalah Sunlight Screen yang memungkinkan layar tetap terlihat meski di bawah Matahari. Ada pula fitur Moonlight Screen yang mengurangi kecerahan layar hingga 2 nits di kondisi cahaya rendah.

Perangkat juga memiliki dukungan fitur AI Backlight yang mempelajari kebiasaan pengguna untuk menyesuaikan lampu latar dan merekam kecerahan yang disukai pengguna.

Oppo A74 5G hadir dalam dua opsi warna yakni Fluid Black yang memiliki efek gradasi hitam halus dan Space Silver yang memiliki sentuhan akhir matte dengan gradasi warna perak yang halus.

Oppo A74 5G memiliki desain ramping dengan ketebalan 8,42mm dan berat 190 gram.

4 dari 4 halaman

RAM, Memori, Kamera

Oppo A74 5G didukung kapasitas penyimpanan RAM LPDDR4X 6GB dan memori internal 128GB.

Perangkat ini juga didukung teknologi Dirac 2.0 yang memungkinkan perangkat memberikan kualitas suara seperti efek suara Dolby.

Untuk merekam momen, Oppo A74 5G didukung empat kamera belakang. Kamera utamanya adalah 48MP, kamera wide angle 8MP, kamera mono 2MP, dan kamera makro 2MP. Urusan selfie diserahkan ke kamera depan 16MP.

Meski memiliki kamera 48MP, perangkat ini mampu memberi kemampuan resolusi gambar sangat tinggi dengan hasil foto setara 108MP Ultra-clear image.

Pada kamera dilengkapi fitur AI Scene Enhancement yang mencerahkan warna dan meningkatkan bidikan. Untuk selfie didukung fitur AI Beautification yang mengidentifikasi wajah kemudian mempercantiknya.

Ada pula dukungan Ultra Night Mode untuk mengakomodasi pengambilan foto malam hari dan Stylishing Filter untuk meningkatkan warna atau mencerahkan kulit.

Oppo A74 5G didukung sistem operasi ColorOS 11.1 yang memiliki fitur keamanan Assistant Privacy. Ada pula fitur Idle Time Optimizer untuk menganalisis ponsel terhadap spam atau file sampah dan membersihkannya saat malam hari.

Berbagai fitur keamanan lain adalah Private Save, App Lock (perlindungan aplikasi dengan password), dan Screencast Privacy Shield (memblokir pesan dan notifikasi sensitif agar tidak ditampilkan ketika perangkat dihubungkan ke layar presentasi).

(Tin/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓