Apple Bakal Gulirkan iOS 14.5 dan iPadOS 14.5 Pekan Depan

Oleh Agustinus Mario Damar pada 22 Apr 2021, 04:31 WIB
Diperbarui 22 Apr 2021, 04:31 WIB
iOS
Perbesar
Tampilan iOS 14 yang baru diluncurkan oleh Apple. (Doc. Apple)

Liputan6.com, Jakarta - Apple mengumumkan bakal mulai merilis iOS 14.5 dan iPadOS 14.5 pekan depan. Namun informasi mengenai waktu spesifik digulirkannya update tersebut belum diungkap oleh Apple.

Kendati demikian, seperti dikutip dari GSM Arena, Kamis (22/4/2021), sejumlah fitur yang akan dihadirkan Apple di iOS 14.5 dan iPadOS 14.5 sudah diketahui.

Salah satunya adalah lewat pembaruan ini, pengguna yang memakai masker dan memiliki Apple Watch dapat lebih mudah membuka iPhone miliknya dengan memanfaatkan fitur Face ID.

Selain itu, aplikasi Music akan diperbarui dengan fitur swipe gesture dan berbagi lirik. Aplikasi AirPlay 2 juga disebut akan mendukung Fitness Plus, dan ada fitur laporan serupa Waze yang hadir di Apple Maps.

Melalui pembaruan ini, Apple juga akan menghadirkan dukungan untuk kontroler PS5 dan Xbox Series X. Sebagai tambahan, iOS 14.5 dan iPadOS 14.5 akan menghadirkan dukungan untuk Apple Card Family terbaru.

Meski baru rilis minggu depan, sejumlah perangkat anyar Apple nantinya akan rilis langsung dengan versi iOS dan iPadOS terbaru, seperti iPhone anyar dengan warna ungu, termasuk  iPad Pro 11 dan iPad Pro 12.9. 

2 dari 3 halaman

iMac Baru Tampil dengan Chipset M1 dan 7 Pilihan Warna

iMac
Perbesar
iMac baru resmi diumumkan Apple. (Doc: Apple)

Di sisi lain, Apple secara resmi memperkenalkan deretan seri iMac baru mereka dalam acara live streaming bertajuk Spring Loaded dini hari tadi.

Tampil sebagai seri iMac teranyar, komputer all-in-one milik Apple ini hadir dengan chipset M1 buatan perusahaan yang baru.

Tak hanya itu, iMac baru milik Apple ini juga tampil dengan bodi yang lebih tipis dengan ketebalan hanya 11,5mm.

Bila diperhatikan dari samping, seri iMac anyar ini terlihat layaknya sebuah tablet iPad Pro berukuran raksasa.

Soal performa, Apple mengklaim kemampuan iMac barunya ini naik dua kali lebih cepat ketimbang dari seri sebelumnya.

Dilansir Techcrunch, Rabu (21/4/2021), iMac anyar ini hadir dengan layar Retina Display 4,5K berukuran 24 inci yang sudah dilengkapi dengan teknologi True Tone.

Selain chipset dan tampilan yang mengalami peningkatan dan perubahan, Apple juga meningkatkan kemampuan kamera dan mikrofon di iMac barunya tersebut.

3 dari 3 halaman

Webcam di iMac

Pada iMac baru kali ini, Apple menggunakan webcam dengan sensor lebih besar beresolusi 1080p untuk menangkap cahaya lebih banyak, dan menghasilkan gambar lebih baik.

Perusahaan juga mengubah konektor daya di iMac ini sehingga mirip dengan MagSafe seperti di MacBook seri lama, yang menghubungkan iMac dengan adaptor terpisah.

Di dalam adaptor tersebut Apple sudah menyematkan konektor LAN RJ45. Varian iMac paling rendah hadir dengan RAM 8GB dan storage 256GB, hinga RAM 16GB dan storage 2TB.

Menariknya, Apple juga menambahkan pemindai sidik jari Touch ID ke keyboard Bluetooth barunya.

iMac baru akan tersedia dalam tujuh (7) warna berbeda, dengan kisaran harga mulai dari USD 1.299 atau sekitar Rp 19 juta.

Apple baru membuka pre-order seri iMac ini, dan akan mulai dijual secara bebas di toko pada paruh kedua bulan Mei 2021.

(Dam/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓