Sukses

Pertumbuhan Pelanggan Netflix Alami Pelambatan di Kuartal 1 2021

Pertumbuhan pelanggan Netflix dilaporkan mengalami pelambatan di kuartal 1 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Netflix dilaporkan mengalami pelambatan pertumbuhan langganan, seiring dengan sejumlah tayangan yang ditunda proses produksinya.

Mengutip The Verge, Kamis (22/4/2021), saat ini Netflix memiliki 208 juta pelanggan di seluruh dunia, jumlahnya meningkat dibandingkan kuartal 4 2020 yakni sebesar 204 juta.

Hal ini dianggap merupakan pelambatan substansial dibandingkan pertumbuhan cepat yang dialami Netflix selama periode yang sama di tahun 2020. Saat itu Netflix mendapat pelanggan baru sebanyak empat kali lipat lebih banyak.

Jumlah pelanggan ini lebih sedikit dibanding yang diharapkan oleh Netflix. Perusahaan sebelumnya meyakini, mereka akan mendapatkan 210 juta pelanggan di akhir kuartal pertama 2021, namun kurang 2 juta pelanggan lagi.

Hasil ini dilaporkan Netflix dalam rilis penghasilan perusahaan periode kuartal 1 2021. Tidak hanya itu, The Verge melaporkan, nilai saham Netflix jatuh 10 persen dalam perdagangan saham dan memberikan kejutan bagi para investor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semua Gara-Gara Pandemi

Netflix disebut-sebut menghabiskan sebagian besar laporan kuartalnya kepada pemegang saham untuk menjelaskan mengapa terjadi perlambatan pertumbuhan pelanggan.

"Akar masalahnya, tidak mengherankan di sini adalah pandemi," kata Netflix.

"Pandemi mempercepat pertumbuhan jumlah pelanggan pada tahun lalu, ketika semua orang terjebak di rumah dan mencari banyak hal untuk ditonton. Pandemi juga yang membuat tim menunda produksi acara dan film," kata Netflix.

 

3 dari 3 halaman

Pelambatan Pertumbuhan akan Terjadi Hingga Kuartal Berikutnya

Pertumbuhan yang lambat ini diperkirakan akan terjadi hingga kuartal berikutnya. Netflix bahkan memperkirakan hanya akan menambah 1 juta pelanggan, padahal tahun lalu di kuartal kedua, jumlah pelaggan bertambah 10 juta user baru.

Netflix memprediksi akan terjadi perubahan di akhir tahun di mana Netflix akan menyajikan serial The Witcher season 2 dan debut film yang dibintangi aktor besar, seperti The Rock dan Leonardo DiCaprio. Dengan banyaknya tayangan ini, lebih banyak orang akan datang ke Netflix.

Kendati demikian, Netflix juga menghadapi kendala lain selain pandemi, tetapi persaingan dari perusahaan streaming lainnya seperti HBO Max dan Disney Plus yang terus menerbitkan judul-judul besar secara teratur.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.