Kemkominfo, Google, dan IEEE Gelar Seminar dan Pelatihan untuk Cetak Perempuan Wirausaha Digital

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 21 Apr 2021, 14:15 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 14:15 WIB
Tips Jalani WFH dan Virtual Meeting dengan Tampilan Makeup Prima
Perbesar
Walaupun WFH, tampilan makeup tetap harus terlihat prima. Terutama untuk kamu yang kerap menjalankan virtual meeting. Yuk simak tips seru dari Dear Me Beauty berikut ini./ Photo by Icons8 Team on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Kemkominfo, Google Indonesia, dan IEEE Indonesia menyelenggarakan seminar dan pelatihan Women in Digital Entrepreneurship. Pelatihan virtual ini merupakan bagian dari program untuk mencetak 22 ribu wirausaha digital Indonesia di era Revolusi Industri 4.0.

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemkominfo Hary Budiarto, kolaborasi dalam Digital Entrepreneurship Academy Digital Talent Scholarship 2021 ditargetkan untuk memberikan pengetahuan kepada perempuan dan meningkatkan kesadaran komunitas.

"Kami berharap pelatihan ini bisa mendorong perempuan menambah wawasan dan kompetisi di bidang kewirausahaan digital," kata Hary dalam keterangan Kemkominfo, Rabu (21/4/2021).

Dia juga berharap pelatihan ini bisa menjadi bagian dari kerja sama semua pihak, mulai dari pemerintah, komunitas akademisi, global tech, dan pihak lain dalam meningkatkan SDM perempuan Indonesia di tengah era digital.

Hary mengatakan, transformasi digital pada masyarakat Indonesia dilaksanakan melalui berbagai prakarsa yang melibatkan masyarakat dan kalangan akademisi, bisnis, komunitas, dan pemerintahan.

"Targetnya bisa mempercepat terwujudnya tata kemasyarakatan baru dengan tatanan sosial, ekonomi, dan bisnis yang lebih baik, didukung oleh teknologi dan budaya digital," tuturnya.

2 dari 3 halaman

Menkominfo Jadi Keynote Speaker

menkominfo
Perbesar
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. (Ist)

Menurutnya, transformasi digital akan berhasil jika mengangkat prinsip inklusivitas. Salah satunya dengan mengangkat peran perempuan Indonesia sebagai bagian aktif dalam aspek kebijakan, bisnis, teknologi, dan aktivitas pemberdayaan.

Adapun seminar dan pelatihan dibuka resmi pada hari ini, Rabu 21 April 2021. Per hari ini, diskusi panel dibuka Menkominfo Johnny G. Plate dengan memberikan paparan kunci.

Sambutan juga diberikan oleh ketua Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) Indonesia Wahyudi Hasbi yang mengangkat perspektif atas wirausaha digital perempuan dalam konteks kebijakan di Indonesia.

Diskusi panel juga akan menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uni, Meneg Pemberdayaan Perempuan dan Anak I Gusti Ayu Bintang, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Sekjen Kemkominfo Mira Tayyiba, dan Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Google Indonesia Putri Alam.

Kegiatan ini mengambil semangat Kartini dan semangat #GirlsinICR International Telecommunication Union yang dirayakan secara internasional pada 22 April.

3 dari 3 halaman

1.054 Peserta Ikuti Pelatihan Online

"Rangkaian acara ini berlangsung dalam dua hari, yakni tanggal 21 dan 22 April 2021. Acara ini cukup diminati dan setelah diseleksi mampu mengkomodir 1.054 peserta perempuan dengan sebaran dari seluruh Indonesia," tutur Koordinator Acara Perempuan dalam Kewirausahaan Digital Cleossa LA Putri.

Pada hari kedua, berlangsung sesi inspiring talk dan pelatihan. Sesi ini akan menghadirkan pemangku kepentingan dan role model perempuan dalam kewirausahaan digital.

Narsumbernya mulai dari Penasihat BAKTI Kemkominfo pada Palapa Ring Kooesmarihati dan Komisari Utama PT Alita Ita Yulianti. Selain itu pelatihan diberikan oleh Agnes Irwanti yang mewakili IEEE Indonesia dan pihak Google Lisa Zhang.

"Materi yang dibahas mengenai keamanan dalam transaksi elektronik, tips dan trik meningkatkan rasa percaya diri pada wirausaha wanita, dan lain-lain," kata Cleossa.

(Tin/Isk)

 

Lanjutkan Membaca ↓