Sukses

Apple Kembangkan iPhone Tanpa Tombol

Apple dikabarkan tengah mengembangkan iPhone tanpa port dan tombol.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan tengah mengembangkan iPhone tanpa tombol dan port. Rumor ini berhembus ketika sebuah paten menunjukkan bahwa Apple sedang mengeksplorasi konsep tombol tak terlihat.

Menurut paten itu, Apple fokus untuk meningkatkan desain perangkat, karena tombol atau port secara umum dapat mengganggu kesinambungan.

Dilansir Ubergizmo, Senin (19/4/2021), paten juga berbicara tentang bagaimana tombol mekanis bisa mengalami keausan dan rusak akibat kotoran atau kelembaban yang merembes ke dalam lubang.

Paten menunjukkan bahwa mungkin tombol 'tak terlihat' bisa menjadi jawabannya. Menurut Apple, salah satu cara untuk merealisasikannya adalah "penginderaan kapasitif berbasis defleksi".

Perusahaan mengatakan, "Defleksi bingkai logam perangkat input menyebabkan perubahan kapasitansi yang digunakan untuk mengontrol fungsi perangkat listrik."

Apple menambahkan, perangkat yang dimasukkan tampak tidak terlihat oleh pengguna karena terbuat dari bahan yang sama dengan wadah tempatnya berada.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

iPhone 13 Pro Bakal Punya Notch Lebih Kecil?

Apple dikabarkan sedang bersiap untuk meluncurkan seri iPhone 13 pada 2021. Berbagai bocoran informasi terkait seri penerus iPhone 12 inipun semakin ramah diperbincangkan.

Sebuah laporan terkini mengklaim mendapatkan informasi dari orang dalam perusahaan, seri iPhone tahun ini akan mengalami perubahan, terutama dalam ukuran notch.

Mengutip laporan dari sumber anonim via 91Mobile, Kamis (15/4/2021), notch tempat sensor TrueDepth di iPhone 13 Pro bakal lebih kecil.

Tak hanya itu, bodi seri iPhone flagship ini juga akan memiliki sasis bodi sedikit lebih tebal ketimbang dari iPhone 12 Pro.

Hal ini diperkuat oleh gambar render yang memperlihatkan notch TrueDepth lebih kecil, dan posisi speaker telinga yang berbeda.

Kabarnya, Apple memutuskan untuk menggeser letak unit speaker di iPhone 13 agar berada di atas perangkat imaging, seperti kamera selfie dan inframerah.

Seperti disebutkan di atas, seri iPhone 13 Pro ini akan lebih tebal 0.2mm ketimbang iPhone 12 Pro sebagai kompensasi kapasitas baterai lebih besar.

 

3 dari 3 halaman

Bentuk Kamera Belakang iPhone 13

Lebih lanjut, sebuah gambar yang diduga adalah smartphone baru milik Apple tersebut mulai banyak dibagikan di internet.

Berdasarkan gambar dari situs Mydrivers, Sabtu (6/2/2021), tampak ada perubahan signifikan terhadap modul kamera belakang di iPhone 13 tersebut.

Jika diperhatikan, kamera utama di ponsel baru Apple tersebut kini ditutup oleh sebuah kaca pelindung ketimbang menonjol seperti seri-seri iPhone sebelumnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini