Sukses

Bukalapak Permudah Masyarakat Berbuat Baik Lewat Teknologi Selama Ramadhan

Bukalapak baru saja mengumumkan program bertajuk Baik Bareng Bukalapak yang terdiri berbagai inisiatif.

Liputan6.com, Jakarta - Bukalapak baru saja mengumumkan program bertajuk Baik Bareng Bukalapak untuk Ramadan tahun ini. Sesuai namanya, program ini bertujuan mengoptimalkan teknologi untuk mempermudah masyarakat berbuat baik pada sesama.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (16/4/2021), program Bukalapak ini terdiri dari beberapa fitur inovatif, kegiatan sosial, hingga program edukasi seputar keagamaan maupun ibadah melalui BukaLive.

Sebagai pembuka program ini, pengguna Bukalapak dapat membayar Zakat Fitrah lewat fitur BukaZakat mulai 13 April 2021. Lewat fitur ini, pengguna juga dapat memilih lembaga zakat yang diinginkan.

Ada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), NU Care Lazismu, Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, serta Pusat Zakat Umat untuk membayar zakat penghasilan, zakat harta (maal), hingga zakat fitrah.

Selain berzakat, pengguna juga dapat menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu sesama melalui BukaDonasi. Hasil donasi itu akan disalurkan oleh Baznas dan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih pada pihak yang membutuhkan.

"Sesuai komitmen Bukalapak untuk terus memfasilitasi kebutuhan masyarakat melalui inovasi teknologi, kami menghadirkan program ini dengan harapan masyarakat dapat menjalani ibadah di bulan suci sambil menabur banyak kebaikan secara praktis dan aman," tutur CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin.

Adapun rangkaian inisiatif dalam program Baik Bareng Bukalapak ini akan diluncurkan segera saat bulan Ramadan dan menjelang Lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukalapak dan Facebook Gelar Pelatihan untuk Para Pelapak Tingkatkan Kompetensi

Sebelumnya, Bukalapak dan Facebook baru saja mengadakan program pelatihan untuk para pelaku UMKM dengan tajuk Facebook Community Manager Certification Programme. Program ini hadir bagi pelapak untuk meningkatkan kompetensi manajemen komunitas berbasis online lewat platform Facebook.

Kehadiran program ini tidak lepas dari kesamaan misi Bukalapak dan Facebook untuk memberikan dampak positif terhadap perkembangan UMKM di Indonesia. Karenanya, program ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pelaku usaha mengembangkan keterampilan mengelola bisnisnya.

Untuk diketahui, Facebook Manager Certification Programme merupakan inisiatif Facebook yang tidak hanya ditujukan untuk pelaku UMKM, tapi juga pemimpin komunitas, baik di organisasi non-pemerintah dan non-profit.

3 dari 3 halaman

Latih 200 Ranger

Ada sekitar 200 ranger atau local leaders Komunitas Bukalapak di berbagai kota di seluruh Indonesia yang mengikuti pelatihan ini pada 9 April 2021. Nantinya, para peserta pelatihan ini dapat mengikuti ujian mendapatkan sertifikasi sebagai Facebook Community Manager.

"Semoga setelah mengikuti program pelatihan ini, para pelapak dapat juga menjadi perpanjangan tangan Bukalapak dalam mengatur dinamika di komunitas kotanya masing-masing dengan baik," tutur Merchant Community & Engagement Lead Bukalapak, Ian Agisti Dewi Rani dalam keterangan resmi, Senin (12/4/2021).

Mengenai pelatihan ini, Director of Community Partnerships Facebook, Grace Clapham menuturkan Facebook memang memiliki misi penting untuk membangun komunitas. Karenanya di Indonesia, Facebook mendukung komunitas dan bisnis di Indonesia, baik besar maupun kecil menggunakan teknologi digital.

"Melalui program ini, kami berharap para pelapak di Bukalapak bisa mendapatkan keahlian untuk membangun dan mempertahankan komunitas, memperluas koneksi serta mencapai tujuan komunitas," ujar Grace menuturkan.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.