Sukses

Sony Beri Suntikan Dana Rp 2,9 Triliun ke Epic Games

Menurut Epic Games, investasi Sony ini merupakan bagian dari pendanaan USD 1 miliar yang diterima perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Epic Games baru saja mengumumkan kembali mendapat investasi dari Sony dengan nilai mencapai US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,9 triliun. Investasi Sony ini merupakan bagian dari putaran pendanaan US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,6 triliun yang diterima Epic Games.

Dikutip dari The Verge, Kamis (15/4/2021), usai pendanaan ini, CEO Epic Games, Tim Sweeney, disebut masih akan memegang kendali saham perusahaan secara keseluruhan.

Menurut Tim, investasi yang baru diterima ini akan digunakan untuk mempercepat pengembangan Fortnite, Rocket League, dan Fall Guys khususnya meningkatkan pengalaman sosial yang dihadirkan gim tersebut.

Selain itu, Tim menuturkan, investasi ini akan dimanfaatkan untuk memberdayakan pengembang gim maupun kreator melalui Unreal Engine, Epic Online Services dan Epic Game Store.

Sebagai informasi, putaran pendanaan Epic Games ini diterima kurang dari setahun setelah Sony berinvestasi US$ 250 juta ke Epic. Lewat investasi tersebut, Sony membeli 1,4 persen saham perusahaan.

Investasi ini sekaligus memperkuat hubungan antara Sony dengan Epic Games. Sebelumnya, Epic Games menggunakan konsol PS5 untuk menunjukkan kemampuan mesin Unreal Engine 5 miliknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Epic Games Resmi Akuisisi Pengembang Gim Fall Guys

Sebelumnya, Epic Games pengembang Fortnite mengumumkan telah mengakusisi studio gim Mediatonic yang membesut Fall Guys. Namun perusahaan tidak mengungkap nilai akuisi tersebut.

Dikutip dari The Verge, Rabu (3/3/2021), ini merupakan kali ketiga Epic Games mengakuisisi perusahaan lain dengan nama besar. Sebelumnya, perusahaan sempat membeli aplikasi video Houseparty dan pengembang Psyonix, Rocket League.

Meski sudah diakusisi, Epic Games mengumumkan gim Fall Guys akan tetap tersedia di Steam. Mediatonic pun dipastikan masih melanjutkan pengembangan gim ini tersedia di Xbox dan Nintendo Switch.

Saat ini, Epic Games dan Mediatonic juga tidak memiliki rencana untuk membuat Fall Guys menjadi gim free-to-play. Hal yang pernah dilakukan Epic Games usai mengakusisi Rocket League. 

3 dari 3 halaman

Belum Tentukan Rencana Jangka Panjang

Sementara untuk rencana jangka panjang, kedua perusahaan menyebut hal ini masih dalam tahap pembicaraan lebih lanjut. Hanya Epic Games menyebut Fall Guys versi PC nantinya akan tersedia di Epic Game Store.

Akuisisi ini sendiri meliputi Mediatonic dan Fortitude Games yang keduanya dimiliki oleh perusahaan induk Tonic Games Group.

Sebagai tambahan, hal menarik dari akuisisi ini adalah Fall Guys dibuat dengan Unity Engine, yang mana merupakan rival dari Unreal dari Epic. Karenanya, belum diketahui seperti apa pemanfaatan engine ini ke depannya.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.