Sukses

Warga Bandung Kini Bisa Urus KTP dan SIM Lewat Gojek

Ini adalah bentuk kerja sama antara Gojek, Disdukcapil, dan Pelrestabes Bandung.

Liputan6.com, Jakarta - Guna mengurangi mobilitas warga kota Bandung yang mengurus administrasi kependudukan (baik KTP atau SIM), Gojek menghadirkan layanan untuk memudahkannya.

Dalam pelaksanaannya akan berkolaborasi dengan aplikasi Salaman yang telah lebih dulu dirilis Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung

Hal ini adalah salah satu bentuk kerja sama antara Gojek, Disdukcapil Kota Bandung, dan Polrestabes Bandung.

District Head Bandung Gojek Cut Emyra Fadhila mengatakan, kolaborasi ini adalah bentuk teknologi sebagai solusi bagi warga.  

“Layanan ini untuk mengatasi kebutuhan pengurusan dokumen dengan layanan antar jemput GoSend,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (13/4/2021).

Di sisi lain, Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Tatang Muhtar mengatakan kolaborasi ini adalah bentuk pelengkap dari program ‘Salaman’ yang diluncurkan.

“Di mana tujuan dari hadirnya program ini adalah memberikan solusi pengurusan KTP dan juga KIA bagi masyarakat tanpa harus keluar dari rumah,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Urus KTP dan SIM via Gosend

Bagi pengguna yang ingin mengurus e-KTP atau Kartu Identitas Anak (KIA), pengguna cukup mendaftar melalui aplikasi Salaman atau Selesai Dalam Genggaman milik Disdukcapil Kota Bandung.

Setelah mengisi persyaratan yang ada di aplikasi, pengguna akan mendapat notifikasi dan konfirmasi dari pihak Disdukcapil melalui SMS.

Kemudian, pengguna cukup memesan Gosend untuk mengambil dokumen yang diperlukan dari rumah.

“Dan setelah selesai cukup memesan GoSend untuk mengantar KTP atau KIA yang sudah selesai tersebut langsung ke depan rumah masing masing,” tutur Tatang.

Sementara itu, untuk pengurusan SIM di kantor Polrestabes kini tidak perlu datang dan mengambil langsung SIM yang baru.

Setelah mendapatkan konfirmasi bahwa proses pengurusan SIM telah selesai via SMS yang dikirimkan oleh pihak Polrestabes Bandung, warga cukup memesan layanan GoSend untuk mengambil SIM tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Jalur Drive-Thru

Memperhatikan keamanan, kerahasiaan, dan ketepatan dokumen, pihak Disdukcapil Kota Bandung dan Polrestabes Bandung telah menyediakan jalur khusus drive thru untuk mitra GoSend.

Pada jalur tersebut  petugas Disdukcapil akan mencatat nomor registrasi dan informasi mitra GoSend serta mencocokan nomor dokumen dan nomor order pengiriman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.