Spotify Hadirkan Hub Khusus untuk Temani Pendengar Selama Ramadan

Oleh Agustinus Mario Damar pada 13 Apr 2021, 09:30 WIB
Diperbarui 13 Apr 2021, 09:30 WIB
Ilustrasi Spotify
Perbesar
Ilustrasi Spotify. Kredit: StockSnap via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Spotify baru saja mengumumkan kehadiran hub baru yang berisi musik untuk menemani pendengar Indonesia selama Ramadan tahun ini.

Dengan kehadiran hub ini, pendengar di Indonesia tinggal melakukan pencarian dengan kata kunci 'Ramadan' di Spotify untuk menemukannya. Adapun hub ini berisi sejumlah playlist dan podcast eksklusif yang sudah dikurasi.

Nantinya, pendengar dapat menikmat koleksi konten audio lokal maupun internasional di Spotify. Konten yang disajikan pun beragam, mulai dari siraman rohani hingga sajian hiburan yang ringan dan menyenangkan.

"Dengan Ramadan sebagai salah satu momen terpenting bagi pendengar kapodcast mi di Indonesia, kami ingin menciptakan pengalaman audio untuk mendukung momen refleksi diri dan silaturahmi dengan keluarga serta kerabat," tutur Managing Director Spotify Asia Pacific Gautam Talwar dalam keterangannya, Selasa (13/4/2021).

Konten yang hadir di Hub Ramadan ini pun akan diperbarui setiap hari untuk menemani waktu berbuka dan sahur. Beberapa podcast ekslusif yang akan mengisi hub ini adalah Podkesmas, RAPOT, Makna Talks, BKR Brothers, Kinosgina, dan Podcast DariTadi.

Selain itu, podcaster lain yang juga baru bergabung sebagai jajaran podcast ekslusif Spotify dan bakal ikut meramaikan hub ini adalah GJLS, Podcast Ancur, dan Pocastery Jurnalirisa.

Hub Ramadan Spotify akan menampilkan playlist Ramadan yang memuat kombinasi musik dan podcast bertajuk Refleksi Diri. Playlist ini akan menampilkan deretan lagu dari musisi Indonesia hingga deretan podcaster kenamaan.

Sebagai bagian dari komitmen meningkatkan pengalaman pengguna, Spotify turut memperkenalkan sejumlah fitur terbaru, seperti tampilan awal yang dibuat lebih mudah, personalisasi terbaru untuk pengguna, hingga navigasi yang lebih mudah di aplikasi versi desktop maupun web.

2 dari 3 halaman

Fitur 'Hey Spotify' Mulai Digulirkan ke Pengguna

Aplikasi Spotify
Perbesar
Aplikasi Spotify. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Di sisi lain, Spotify diketahui telah merilis fitur perintah suara bertajuk ‘Hey Spotify’ bagi pengguna Android dan iOS. Perusahaan merilis fitur yang mirip asisten Google ini secara diam-diam.

Cara kerjanya mirip seperti pengguna mengucapkan ‘Hey Google’ atau perintah yang dikeluarkan untuk Siri di iOS.

Dikutip dari The Verge, Jumat (9/4/2021), untuk menggunakan fitur ini pengguna perlu membuka terlebih dahulu aplikasi Spotify. Artinya, jika aplikasi berjalan di latar belakang, pengguna tidak dapat menggunakannya.

Ketika membuka aplikasinya, pengguna cukup mengucapkan "Hey Spotify" dan memintanya untuk memutar lagu.

Selain itu dapat juga memberikan perintah tarik daftar putar, meluncurkan stasiun radio, dan lewati, jeda, atau putar.

Disamping itu, perintah "Play something I like" akan menarik salah satu daftar putar Daily Mix pengguna Spotify secara acak.

3 dari 3 halaman

Atur Manual

Aplikasi ini akan meminta pengguna untuk memulai jika fitur tersebut sudah diluncurkan, tetapi kamu mungkin dapat menemukan tombol tersebut secara manual di bawah Settings > Microphone permissions > “Hey Spotify.”

Secara khusus, Spotify tampaknya melacak peluncuran Car Thing, asisten pintar khusus Spotify untuk kendaraan yang dilaporkan menyertakan perintah suara "Hey Spotify" pada Januari 2019 lalu.

Memiliki perintah suara yang sama di smartphone tampak masuk akal, pengguna mungkin terbiasa, dan mulai mencarinya, setelah mereka keluar dari kendaraan.

(Dam/Isk)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online