Review Redmi Note 10: Tawarkan Spesifikasi Mumpuni di Harga Rp 2,4 Juta

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 12 Apr 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 12 Apr 2021, 12:00 WIB
Redmi Note 10
Perbesar
Redmi Note 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi merilis Redmi Note 10 di Indonesia dengan harga Rp 2,4 jutaan. Meski terjangkau, Xiaomi memboyong fitur yang biasanya ada di perangkat di kelas harga Rp 3-4 jutaan, salah satunya layar AMOLED.

Redmi Note 10 menjadi smartphone Redmi pertama dengan dukungan AMOLED yang menjadikan layarnya jernih dan menampilkan warna lebih terang. Dengan begitu, pengguna bisa menikmati konten lebih baik.

Selain itu, Redmi Note 10 juga dibekali speaker stereo, chipset Snapdragon 678 yang membuat performanya mulus, hingga kapasitas memori yang besar.

Seperti apa pengalaman penggunaan Redmi Note 10, yuk simak dalam review berikut ini:

Desain

Redmi Note 10
Perbesar
Redmi Note 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Redmi Note 10 mengusung desain tanpa bezel dengan layar yang dilengkapi dengan punch hole di bagian tengah atas. Xiaomi menyebutnya sebagai DotDisplay. Punch hole ini digunakan untuk menempatkan kamera selfie-nya.

Redmi Note 10 sendiri hadir dalam tiga opsi warna, yakni Lake Green, Onyx Gray, dan Pebble White. Unit yang kami ulas adalah Pebble White.

Untuk varian warna putih (Pebble White), Redmi Note 10 memiliki desain yang simple namun terkesan elegan. Tidak ada gradasi warna di bodi belakang perangkat. Unit Redmi Note 10 hadir dengan material polikarbonat. Finishing-nya tidak terlalu glossy tetapi juga tidak doff.

Bodi belakang Redmi Note 10 tidak tampak terlalu mengkilap. Tampilannya yang halus dan tidak licin membuat perangkat ini cukup nyaman digenggam meski tanpa casing.

Namun kalaupun pengguna ingin memakaikan casing, Xiaomi telah menyediakannya di dalam kemasan penjualan. Dengan bodi yang tidak terlalu mengkilap dan halus ini, ceplakan sidik jari tidak terlalu terlihat.

Redmi Note 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Xiaomi menempatkan empat kamera di bodi belakang perangkat. Peletakkannya ada di sisi kiri atas. Mengadopsi desain kamera Mi 11, kamera utama Redmi Note 10 tampak paling besar, di bawahnya terdapat dua modul kamera berukuran lebih kecil. Sementara satu kamera lainnya diletakkan di paling bawah.

Pada bagian sampingnya terdapat sebuah LED flash. Sementara di bagian frame kamera terdapat tulisan Ultra Premium. Tampaknya Xiaomi mau memperlihatkan desain Redmi Note 10 cukup premium dengan kelas harga Rp 2 jutaan.

Pada bagian sisi kiri bawah perangkat terdapat tulisan Redmi. Desain clean ini membuat Redmi Note 10 tampak elegan dan tidak terkesan seperti perangkat Rp 2,4 jutaan.

Pada sisi bawah Redmi Note 10 terdapat mic, jack audio 3,5mm, dan port USB type C. Selain itu juga terdapar speaker stereo pada sisi atas dan bawah perangkat. Redmi Note 10 juga memiliki Infrared Blaster dan grill speaker di sisi atas.

Tombol power dan volume diletakkan di sisi kanan perangkat. Sementara SIM card tray diletakkan di sisi kiri untuk menampung dua SIM card dan sebuah microSD card.

Layar

Redmi Note 10
Perbesar
Redmi Note 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Layar menjadi keunggulan utama Redmi Note 10 karena merupakan ponsel Redmi Note pertama yang menggunakan layar AMOLED.

Layar Redmi Note 10 sendiri memiliki luas 6,43 inci dengan resolusi layar 1080x2400 piksel atau Full HD+.

Layar Redmi Note 10 juga dilindungi dengan proteksi dari Gorilla Glass 3. Layar Redmi Note 10 juga sudah dilapisi dengan antigores ketika pembelian.

Dengan layar AMOLED ini, pengguna bisa menikmati konten dengan lebih baik dibandingkan layar IPS yang sebelumnya digunakan di Redmi Note series pendahulu.

Selain itu, Redmi Note 10 dilengkapi dengan refresh rate 60Hz. Hal ini membuat Redmi Note 10 jadi nyaman ketika dipakai untuk scrolling.

Menyaksikan konten streaming film Netflix atau YouTube pun bisa lebih nyaman.

Sayangnya meski layarnya sudah menggunakan panel AMOLED, Xiaomi tidak menempatkan fingerprint di layar melainkan di tombol Power yang ada di sisi kiri perangkat.

Performa dan Baterai

Redmi Note 10
Perbesar
Redmi Note 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Redmi Note 10 menggunakan chipset Snapdragon 678 dari Qualcomm untuk mendukung performanya. Perangkat ini sekaligus jadi smartphone pertama di 2021 yang memakai chipset ini.

Kinerjanya Redmi Note 10 juga didukung dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB. Untuk penggunaan sehari-hari seperti mengakses kamera, membuka media sosial hingga scrolling di web, perpaduan chipset Snapdragon 678 dan memori di atas mampu menghasilkan kinerja yang cukup baik.

Dalam arti, tidak ada masalah ketika membuka beberapa aplikasi dan berpindah antar aplikasi.

Sementara, untuk bermain gim PUBG Mobile, Redmi Note 10 juga menghasilkan kinerja yang baik, tidak lemot, grafisnya pun stabil.

Berdasarkan pengalaman pengujian di gim PUBG Mobile, Redmi Note 10 menawarkan kemampuan grafis maksimal di HD dengan refresh rate High.

Performanya ketika dipakai main gim sekitar 45 menit juga cukup baik dan lancar meskipun akan hangat setelah dipakai agak lama.

Untuk menguji performa, kami menggunakan aplikasi AnTuTu guna mengetahui skor benchmark-nya. Hasilnya, Redmi Note 10 mendapatkan hasil pengujian di angka 260.093 poin.

Beralih ke baterai, Redmi Note 10 dibekali baterai 5.000mAh dengan pengisian daya cepat 33W. Xiaomi mengklaim pengisian daya Redmi Note 10 bisa terisi 50 persen hanya dalam 25 menit.

Dalam pengujian kami, pengisian daya 34 persen mulai pukul 08.01 hingga 98 persen selesai pukul 08.50.

Kamera

Redmi Note 10
Perbesar
Kamera utama Redmi Note 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Redmi Note 10 memiliki empat kamera belakang dengan konfigurasi kamera wide angle 48MP dengan bukaan f1.8 yang didukung teknologi autofokus PDAF.

Kamera lain yang diboyong adalah ultrawide 8MP (118 derajat). Dua lensa lain di Redmi Note 10 adalah lensa depth dan macro yang memiliki resolusi 2MP dan 2MP dengan aperture sama, f2.4.

Sementara, foto selfie-nya diserahkan pada kamera 13MP.

Hasil kamera - foto outdoor:

Hasil foto Redmi Note 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Redmi Note 10 Pro (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Redmi Note 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Redmi Note 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Redmi Note 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Foto malam hari:

Hasil foto Redmi Note 10 untuk foto malam hari. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Redmi Note 10 untuk foto malam hari. (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Hasil foto Redmi Note 10 saat malam hari (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Foto makro:

Hasil foto Redmi Note 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Foto latar bokeh:

Hasil foto Redmi Note 10 dengan mode bokeh (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Kesimpulan

Redmi Note 10
Perbesar
Redmi Note 10 (Liputan6.com/ Agustin Setyo W).

Hadir di rentang harga Rp 2,4 jutaan, Redmi Note 10 mengusung spesifikasi layaknya smartphone di harga Rp 3-4 jutaan. Salah satu fitur keunggulannya adalah layar AMOLED yang mampu menghasilkan tampilan lebih hidup dan berwarna untuk menyaksikan konten maupun untuk bermain gim. 

Tidak hanya itu, Redmi Note 10 didukung dengan chipset Snapdragon 678 dan RAM 4GB serta memori 64GB yang dapat diperluas dengan kartu microSD. Chipset di atas membuat kinerja Redmi Note 10 cukup ngebut untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pengguna. 

Belum lagi, desain yang ringkas, segar, dan elegan membuatnya tampak seperti smartphone premium. 

Redmi Note 10 juga didukung kapasitas daya 5.000mAh dengan pengisian daya cepat 33W. Hal ini membuatnya bisa diisi daya penuh hanya dalam waktu satu jam lebih sedikit. 

Jika kamu mencari smartphone dengan harga Rp 2 jutaan namun menginginkan spesifikasi tinggi dan fitur yang lengkap, Redmi Note 10 bisa menjadi salah satu pilihan. 

(Tin/Ysl)

 

Lanjutkan Membaca ↓