Google Search Berikan Pembaruan Algoritma untuk Ulasan Produk

Oleh Arief Rahman Hakim pada 13 Apr 2021, 11:00 WIB
Diperbarui 13 Apr 2021, 11:26 WIB
Ilustrasi Google Search
Perbesar
Ilustrasi Google Search (sumber: iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang mencari ulasan produk melalui mesin pencarian Google Search, namun tak sedikit pula yang tidak puas dengan ulasan yang muncul.

Menyikapi hal itu, Google memperbarui algoritma penelusurannya untuk memberikan rekomendasi ulasan yang lebih mendalam.

Google meluncurkan ‘pembaruan ulasan produk’, yang menurut perusahaan dimaksudkan untuk menghargai penelitian mendalam. Sementara ini, perubahan hanya akan memengaruhi ulasan yang ditulis dalam bahasa Inggris.

"Fokus keseluruhan adalah konten yang menyediakan analisis mendalam dan penelitian asli, dan ditulis oleh para ahli atau penggemar yang memahami topik dengan baik," kata Google seperti dikutip dari Xda-Developer, Selasa (13/4/2021).

Pengumuman ini tidak mengungkapkan secara pasti mengapa Google memutuskan untuk melakukan perubahan, tetapi ada banyak artikel dan halaman yang diberi label sebagai ulasan yang tidak sepenuhnya ulasan.

Biasanya penerbit menggambarkan konten langsung awal atau kesan pertama sebagai ulasan, yang tidak akan diberi peringkat oleh Google Search sebagai ulasan lengkap ke depannya.

 

2 dari 2 halaman

Detail Mengenai Produk

Selain itu, Google juga merilis daftar faktor yang harus dipertimbangkan penerbit saat menulis ulasan. Konten ulasan harus mencakup mengenai detail produk, yakni manfaat dan kekurangan produk tersebut.

Ulasan perlu mencakup produk yang sebanding untuk dipertimbangkan, atau menjelaskan produk mana yang mungkin terbaik untuk penggunaan atau keadaan tertentu. Serta jelaskan apa yang membedakan produk dari pesaingnya di antara faktor-faktor lainnya.

Dengan perubahan ini, akan lebih mudah untuk menemukan ulasan yang mendetail dan berkualitas tinggi melalui Google Search.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online