YouTube Jadi Platform Paling Populer di Amerika Serikat

Oleh Arief Rahman Hakim pada 09 Apr 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 09 Apr 2021, 08:00 WIB
Ilustrasi Youtube
Perbesar
Ilustrasi Youtube (Photo by NordWood Themes on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - YouTube kembali menjadi media sosial paling dominan di Amerika Serikat (AS) bersama dengan Facebook. Namun, pertumbuhan terlihat hanya di YouTube, tidak dengan Facebook.

Hal itu mengacu pada data yang dikumpulkan Pew Research Center yang meneliti tentang cara orang AS menggunakan media sosial.

Menurut laporan tersebut, YouTube dan Facebook adalah platform yang paling banyak digunakan.

YouTube masih berkembang dengan meningkatkan pangsa penggunanya dari 73 persen orang dewasa pada 2019 menjadi 81 persen pada 2021. Sementara Facebook tetap tidak berubah dari 2019 sebesar 69 persen.

"Pertumbuhan Facebook telah mendatar selama lima tahun terakhir, tetapi Facebook tetap menjadi salah satu situs media sosial yang paling banyak digunakan di kalangan orang dewasa di AS," tulis Pew dalam laporannya, seperti dikutip dari Engadget, Jumat (9/4/2021).

Selain Facebook, platform lain yang mengalami pertumbuhan tidak terlalu signifikan adalah Reddit. Platform ini mencatatkan pertumbuhan sebesar 11 persen pada 2019 menjadi 18 persen di 2021.

“Ini mewakili tren yang lebih luas yang melampaui dua tahun terakhir, di mana laju adopsi sebagian besar situs dan aplikasi yang terlihat dalam dekade terakhir ini telah melambat,” kata Pew.

 

2 dari 3 halaman

Tidak Terlalu Kecanduan

Meski pertumbuhan terlihat melambat, orang AS tampaknya tidak terlalu kecanduan media sosial. Di antara pengguna Facebook, 49 persen mengatakan mereka memeriksa situs itu beberapa kali sehari.

Kemudian, 45 persen pengguna Snapchat membuka aplikasi lebih dari sekali sehari, demikian pula 38 persen pengguna Instagram.

Untuk YouTube, lebih dari sepertiga pengguna melaporkan mengunjungi layanan lebih dari sekali sehari.

 

3 dari 3 halaman

21 Persen Orang Amerika Pakai TikTok

Sebagai informasi, laporan tersebut juga memberikan beberapa wawasan menarik tentang basis pengguna TikTok, yang tidak termasuk dalam penelitian tahun 2019. Hasilnya, 21 persen orang AS mengatakan mereka menggunakan TikTok.

Tetapi angkanya terlihat jauh berbeda untuk orang yang lebih muda, dengan pangsa TikTok meningkat menjadi 48 persen di antara usia 18 hingga 29 tahun.

Tidak mengherankan, YouTube juga menjadi platform paling dominan di antara demografis ini dengan 95 persen, diikuti Instagram dengan 71 persen, Facebook 70 persen, dan Snapchat 65 persen.

Lanjutkan Membaca ↓