Sukses

Facebook Rilis Stiker dan Avatar Khusus Semarakkan Ramadan 2021

Facebook merilis konten anyar berupa stiker maupun avatar baru untuk menyambut Ramadan 2021 di seluruh platform miliknya, termasuk Instagram dan WhatsApp.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti diwartakan sebelumnya, Facebook menggelar kampanye bertajuk Bulan Kebaikan menyambut Ramadan 2021. Kampanye itu dihadirkan dalam tiga kegiatan, seperti jelajahi kebaikan, inspirasi kebaikan, dan ekspresikan kebaikan.

Nah salah satu perwujudan Facebook untuk mendukung kegiatan ekspresikan kebaikan, media sosial ini merilis stiker, avatar, termasuk efek kamera bertema Ramadan untuk tiap platform miliknya.

"Kami bekerja sama dengan kreator dan ilustrator menghadirkan konten ini untuk seluruh komunitas Muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia," tutur Kepala Kebijakan Publik Instagram Asia Pasifik, Philip Chua saat konferensi pers, Kamis (8/4/2021).

Nantinya, pengguna dapat memakai stiker bertema Ramadan di Instagram Stories hasil rancangan desainer asal Bahrain, @haluulie. Sementara di WhatsApp, ada stiker bertema Ramadan yang dibuat ilustrator asal Turki, Murat Kalkavan.

Atas-Bawah: Stiker di Facebook, Instagram, WhatsApp

Facebook menghadirkan stiker khusus menyambut Ramadan 2021. (Foto: Facebook Indonesia)

Stiker buatan Murat disebut terinspirasi dari memori masa kecilnya saat Ramadan, mulai dari berbuka puasa hingga mendapat kudapan manis dari tetangga. Karenanya, dia berharap stiker ini dapat membawa kehangatan bulan Ramadan untuk bagi seluruh pengguna WhatsApp.

Tidak hanya itu, Facebook juga akan menghadirkan avatar bertema Ramadan yang dapat dipakai oleh para pengguna. Tidak lupa, Philip menuturkan efek kamera dan stiker anyar akan tersedia pula di Messenger dan Messenger Kids.

Lebih lanjut Philip menuturkan, konten anyar ini dapat diakses pengguna Facebook, WhatsApp dan Instagram mulai pekan depan. Namun perlu diketahui, konten anyar ini hanya berlaku sepanjang bulan Ramadan saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Facebook Ajak Pengguna Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan 2021

Untuk diketahui, Facebook kembali mengadakan kampanye untuk menyemarakkan bulan Ramadan tahun ini. Untuk Ramadan kali ini, Facebook mengangkat tema Bulan Kebaikan.

"Facebook mengangkat tema Bulan Kebaikan, karena kami sadar perbuatan baik sekecil apapun dapat memberikan dampak bagi orang lain. Perbuatan baik juga dapat menginspirasi," tutur Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian dalam konferensi pers, Kamis (8/4/2021).

Menurut Pieter, kampanye ini hadir dalam tiga macam kegiatan, yaitu menjelajahi kebaikan, menginspirasi kebaikan dan, dan mengekspresikan kebaikan.

Melalui kegiatan menjelajahi kebaikan, Pieter menuturkan, Facebook ingin mengajak orang untuk menemukan ide kebaikan yang dapat dilakukan untuk orang lain. Bersama kreator konten dan figur publik, Facebook pun membuat panduan ide-ide kebaikan yang bisa ditiru.

"Sebagai contoh, misalnya saat memesan makanan, kita bisa menambahkan satu porsi lagi yang dapat dibagikan untuk kurir pengantarnya," tutur Peter menjelaskan. Ide-ide kebaikan ini nantinya dapat diakses melalui laman Facebook Indonesia.

Sementara melalui kegiatan insiprasi kebaikan, Facebook berkolaborasi dengan kreator konten untuk berbagi pengalaman kebaikan mereka selama Ramadan, dan harapannya dapat dapat menginsiprasi orang lain. 

3 dari 3 halaman

Inspirasi Kebaikan dari Facebook

Adapun bentuk kegiatan ini hadir lewat program yang diberi nama Ramabar (Ramadan Bareng) bersama para streamer gamers. Jadi, mereka akan melakukan siaran langsung menjelang waktu buka bersama komunitasnya.

"Nantinya sebelum buka puasa, ada kultum yang akan diberikan Ustaz Maulana dan Ustaz Syam mengenai topik seputar Ramadan yang dekat dengan gamers," tutur Pieter melanjutkan. Program Ramabar sendiri dapat disaksikan di laman Facebook resmi Arkaw, LoeKeren, dan ZAN.

Adapun alasan Facebook menggandeng gamers karena komunitas ini menjadi salah satu yang terbesar di platform mereka. Terlebih, mereka juga memiliki kisah inspiratif yang dapat dibagikan.

Tidak hanya Facebook, kegiatan berbagi kebaikan ini juga hadir di Instagram. Menurut Kepala Kebijakan Publik Instagram Asia Pasifik, Philip Chua, aktivitas di Instagram akan diisi live streaming dari sejumlah kreator konten dengan tajuk Ngabuburit di Instagram.

"Ini merupakan serial Instagram Live selama 30 menit setiap minggunya selama bulan Ramadan. Lewat sesi live streaming ini, para kreator akan berbagi hal-hal baik yang mereka lakukan," tutur Philip.

Kreator konten yang akan meramaikan program Ngabuburit di Instagram ini adalah Prilly Latuconsina, Ersa Mayori, Meisya Siregar, dan Nagita Slavina.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini