Sukses

Menkominfo Tinjau Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI yang Diinisiasi XL Axiata

Menkominfo Johnny G.Plate meninjau Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di RSUI yang diinisiasi oleh XL Axiata, UI, dan RSUI.

Liputan6.com, Jakarta - Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit yang diinisiasi XL Axiata dan Rumah Sakit UI (RSUI) telah dua pekan dibuka. Sentra Vaksinasi ini ditinjau oleh Menkominfo Johnny G. Plate pada Senin, 5 April 2021.

Selama dua pekan dibuka, Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit telah melakukan suntik vaksin Covid-19 kepada sekitar 5.700 warga.

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan, pemerintah mengapresiasi dukungan yang dilakukan masyarakat dan kalangan swasta yang telah menyediakan dan mengorganisasi sentra vaksinasi di tengah masyarakat.

"Sentra vaksinasi Covid-19 memudahkan pemerintah dalam mempercepat proses vaksinasi secara merata," kata Johnny dalam keterangan XL Axiata.

Ia mengapresiasi XL Axiata, UI, dan RS UI beserta seluruh pihak yang mendukung penyelenggaraan sentra vaksinasi ini.

"Saya berharap dukungan yang telah diberikan berbagai kalangan swasta bisa menginspirasi perusahaan lain untuk ikut membuka sentra vaksinasi di berbagai daerah," kata Johnny.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, manajemen XL Axiata ikut memantau jalannya vaksinasi di RSUI, termasuk berkoordinasi untuk memastikan program vaksinasi bisa dijalankan semaksimal mungkin.

"Sejauh ini vaksinasi berjalan lancar dan baik sesuai dengan yang diharapkan. Agar vaksinasi terus merata di Depok, kami berharap makin banyak warga Depok yang memanfaatkan fasilitas vaksinasi ini," kata Dian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sentra Vaksinasi Pertama yang Digelar Swasta

Menurut Dian, program Sentra Vaksin Indonesia Bangkit di Depok yang digelar XL Axiata ini adalah yang pertama digelar oleh pihak swasta sesuai arahan dari Kemenkes dan Pemda Provinsi Jawa Barat. Hal ini seiring dengan Jabar yang menjadi fokus wilayah pendistribusian vaksin, mempertimbangkan Jabar merupakan wilayah penyangga Ibu Kota.

Sejak dibuka sejak 23 Maret 2021, Sentra Vaksin Indonesia Bangkit akan digelar selama dua bulan. Lokasinya ada di Gedung Parkir RSUI, Depok.

Proses vaksinasi dilakukan secara drive thru di bawah pengawasan Kemenkes dan institusi yang berwenang lainnya. Dalam satu hari, dilakukan vaksinasi kepada 500-1.000 orang. Jalur drive thru sendiri disediakan bisa menampung hingga 1.000 mobil.

Warga yang ingin mengikuti vaksinasi wajib melakukan pendaftaran secara online melalui laman www.xlaxiata.co.id/indonesiabangkit dengan melengkapi validasi data pribadi serta verifikasi kondisi kesehatan calon peserta vaksin.

Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin, peserta akan menjalani pengecekan kondisi fisik yang dilakukan secara standar kesehatan oleh pihak RSUI.

3 dari 3 halaman

Jam Operasional Sentra Vaksinasi

Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit beroperasi Senin-Jumat (di luar hari libur), mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB setiap hari (kedatangan maksimal pukul 15.00).

Sebagai penyelenggara, XL Axiata dan RSUI meyiapkan alur dengan sebaik-baiknya, mulai dari registrasi hingga tahap observasi.

Sesampai di lokasi, warga peserta vaksinasi akan melalui serangkain proses. Pertama, di pos verifikasi yang berada di lantai 2 akan dilakukan pengecekan bukti daftar dan KTP/surat keterangan domisili Depok.

Selanjutnya, peserta diwajibkan melakukan validasi data registrasi di meja 1. Setelah itu di meja 2 yang berada di lantai 3, tenaga kesehatan akan melakukan skrining kondisi kesehatan peserta dengan menanyakan beberapa hal, melakukan pengukuran tekanan darah, serta suhu tubuh.

Jika kesehatan peserta dinyatakan baik, peserta dapat melakukan tahap vaksinasi di meja 3 yang terberada di lantai 3.

Bila tidak, peserta akan disarankan untuk beristirahat terlebih dahulu selama 15-30 menit di area tunggu. Setelah itu, para peserta akan diarahkan ke meja 4 di lantai 4 untuk beristirahat dan diobservasi oleh tenaga kesehatan selama 30 menit dengan pengukuran kembali tekanan darah dan suhu, serta untuk mengetahui ada tidaknya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Jika aman, maka proses vaksin dianggap selesai. Total durasi proses vaksinasi adalah sekitar 1 jam.

Untuk kelancaran pelaksanaanya, setiap hari sentra vaksinasi ini mendapatkan dukungan lebih dari 130 relawan, termasuk di dalamnya dokter, perawat, petugas keamanan, dan administrasi. Para relawan berasal dari Ikatan Alumni UI, karyawan XL Axiata dan tenaga medis RSUI.

Sentra Vaksin Indonesia Bangkit juga mendapatkan dukungan dari sejumlah mitra XL Axiata, yakni Benihbaik.com, Protelindo, Tower Bersama Group, Alita, dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini