Sukses

Kamera Super Canggih untuk Bantu Tunanetra 'Melihat' Keindahan Alam

Kamera super canggih khusus tunanetra ini membantu mereka untuk 'melihat' keindahan alam.

Liputan6.com, Jakarta - Kamu mungkin bisa menikmati keindahan alam yang benar-benar menakjubkan, setiap saat. Mulai dari indahnya matahari terbit hingga matahari terbenam.

Ya, kecantikan yang luar biasa itu dapat kamu lihat dan nikmati, namun tidak bagi tunanetra. Untuk membantu tunanetra menikmati keindahan alam, perusahaan teknologi Robot Manufacture menghadirkan Blindtouch, prototipe kamera yang dirancang khusus untuk tunanetra.

Perangkat ini memungkinkan mereka mengambil gambar dan kemudian 'melihat' hasil foto dengan cara menyentuhnya.

Mengutip situ web resmi perusahaan, Sabtu (3/4/2021), kamera ini membantu tunanetra mengambil gambar dan dilengkapi dengan panduan suara agar bisa mengambil foto dengan angle yang lebih baik.

Blindtouch memungkinkan tunanetra dapat menampilkan dan menyentuh foto dengan menggunakan matriks pin tiga dimensi. Saat ini resolusi matriksnya 35 x 25 pin. Dalam versi final nanti ukuran minimalnya 70 x 50 pin atau lebih.

Pada Juni 2020, Piotr Cybulski selaku Software Engineer untuk Blindtouch, menampilkan demo singkat yang menunjukkan mekanisme penghapusan pin di versi baru Blindtouch 2.

Sayang, karena kurangnya dana pengembangan, pengerjaannya sangat terbatas. Sebuah video menunjukkan 100 elektromagnet kontrol, yang ditargetkan untuk mengontrol sekitar 8.000 pin.

Ke depan, perusahaan bahkan berencana membuat online platform untuk pengguna Blindtouch berbagi dan bertukar foto. Demikian sebagaimana dilansir Industytab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini