Sukses

Twitter Akan Hadirkan Layanan Obrolan Suara Spaces di Desktop

Twitter akan menghadirkan layanan obrolan suara Spaces untuk pengguna desktop dengan begitu baik pengguna bisa membuat ruang obrolan suaranya tanpa dibatasi oleh platform.

Liputan6.com, Jakarta - Selama beberapa bulan terakhir, Twitter bekerja keras membawa fitur audio chat-nya yang mirip Clubhouse, Spaces, ke iOS dan Android. Kini, Twitter memastikan pihaknya akan menghadirkan Spaces ke versi web browser di desktop.

Twitter mengkonfirmasi hal ini kepada The Verge. Sebelumnya, informasi bocoran kehadiran Spaces ke versi desktop diungkap oleh peneliti aplikasi Jane Manchun Wong.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (3/4/2021), dalam unggahannya di Twitter, Wong menunjukkan seperti apa tampilan pratinjau Spaces di web.

Twitter sendiri tidak sepenuhnya merahasiakan tentang pengembangan fitur audio chat Spaces-nya.

Pasalnya, salah satu pengembang Twitter Spaces mengunggah beberapa desain tampilan layar perkenalan Spaces di web pada Jumat lalu.

Mengingat Spaces saat ini hanya tersedia di Twitter versi aplikasi smartphone, menghadirkannya di web akan menjadi perluasan yang signifikan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersaing dengan Clubhouse

Dengan jangkauan yang lebih luas itu akan membantu Twitter untuk bersaing dengan Clubhouse yang saat ini baru ada di iOS. Clubhouse juga disebut-sebut tengah mengembangkan aplikasi versi Android.

Pengembangan Spaces untuk versi desktop juga akan membawa Twitter lebih dekat dengan Discord yang baru saja meluncurkan fitur ruang audio sosial bernama Stage Channels. Fitur ini tersedia di aplikasi maupun desktop.

Kesuksesan Clubhouse selama ini telah menarik minat perusahaan teknologi lainnya untuk membuat layanan serupa. Sebut saja LinkedIn, Slack, Spotify berniat menghadirkan fitur audio seperti Clubhouse. Sementara, Facebook dilaporkan tengah dalam tahap pengembangan fitur ini.

3 dari 3 halaman

Tentang Spaces

Twitter Spaces sendiri merupakan fitur yang memungkinkan pengguna berinteraksi melalui suara.

Sebagai gambaran, layanan anyar ini menawarkan kemampuan layaknya aplikasi Clubhouse. Staff Researcher Twitter, Danny Singh, menuturkan salah satu hal menarik dari Twitter Spaces adalah komunikasi yang lebih manusiawi.

Maksudnya, pengguna Twitter dapat memanfaatkan untuk melakukan perbincangan ringan hingga bahasan yang lebih rumit. Pengguna juga dapat melakukan sesi tanya jawab dengan fitur ini.

Namun tidak hanya itu, Danny juga menjelaskan Twitter ingin membuat Spaces aman bagi para penggunanya.

"Kami ingin membuat Spaces menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi pengguna untuk berbicara," tuturnya saat sesi bersama di Twitter Spaces, Jumat (5/3/2021).

Kehadiran Twitter Spaces sendiri untuk pengguna Android sudah dimulai pada April ini. Dengan begitu pengguna Twitter baik di iOS maupun di Android sama-sama bisa membuka ruang obrolan suara melalui Spaces. 

(Tin/Ysl)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini